Mulai Mei, Iklan di YouTube Wajib Ditonton
VIVA.co.id –  Bagi Anda pecinta platform YouTube, siap-siap akan dipaksa melihat iklan saat mengakses video. Tak seperti munculnya iklan pada sebelumnya yang bisa diabaikan, YouTube nanti akan memaksa penggunanya melihat iklan tersebut. Kebijakan ini akan diterapkan pada Mei nanti.
Keputusan YouTube menampilkan iklan yang wajib ditonton itu disampaikan langsung oleh Manajer Produk Monetisasi YouTube, Zach Lupei.Â
Dikutip dari The Verge, Rabu, 27 April 2016, pengumuman itu menyebutkan iklan wajib ditonton akan berdurasi lebih singkat dibanding iklan YouTube sebelumnya. Iklan wajib yang disebut sebagai iklan Bumper itu berdurasi enam detik saja.Â
"Kami suka untuk berpikir iklan Bumper sebagai puisi singkat iklan video, dan kami senang untuk melihat apa yang akan dilakukan komunitas kreatif (di YouTube) dengan adanya iklan tersebut," kata Lupei dalam pengumuman di blog perusahaan.Â
YouTube mengatakan keputusan menerapkan iklan wajib ditonton itu berdasarkan dari riset. Data riset yang dikantongi YouTube menunjukkan setengah pengguna yang berusia 18 sampai 49 tahun memakai platform mobile karena mereka ingin mengonsumsi video.Â
Iklan wajib ditonton pada YouTube ini tidak akan jauh berbeda formatnya dengan yang sebelumnya. Bedanya, pada iklan Bumper ini terdapat beberapa opsi lain, terutama bagi para pengiklan di YouTube.Â
"Ini akan memperluas opsi periklanaan sehingga mereka selalu secara unik mengadaptasi dengan cara orang melihat video saat ini dan di masa depan," kata Lupei. (ase)