2016, Belanja Mobile Advertising Capai Rp130 Miliar

Managing Director-Platforms OMG, Aswin Regawa
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Riset: Iklan Luar Ruangan Lebih Efektif dari Televisi
- Omnicom Media Group (OMG) menjelaskan bahwa
mobile advertising
Fortune Indonesia Akan Luncurkan Iklan Ponsel
akan meningkat pesat dalam beberapa tahun ke depan. Khusus di Indonesia, mobile advertising
Pasar Iklan TV 2015, Pendapatan Terbesar Rp9,94 Triliun
akan semakin menggiurkan seiring dengan penetrasi smartphone yang kian melejit.

Managing Director-Platforms
OMG, Aswin Regawa, mengatakan, penetrasi pengguna ponsel di Indonesia mencapai 125 persen tahun depan.


"Dari penduduk Indonesia sekitar 255 juta jiwa ini, ada 288 juta ponsel. Artinya, tiap satu orang ini punya dua ponsel," kata dia di EightyEight, Jakarta, Rabu, 23 September 2015.


Dia mengungkapkan, dari 288 juta ponsel itu, 37 persennya atau sekitar 70-80 juta, merupakan pengguna smartphone. Mereka rata-rata berada di kota-kota besar.


"Sebab, di kota besar itu daya beli terhadap smartphone semakin kuat," ujarnya.


Terkait dengan belanja iklan, secara global, Aswin memaparkan bahwa total diperkirakan mencapai US$25 miliar dan angka tersebut akan melonjak drastis menyentuh US$70 miliar untuk tiga tahun ke depan.


"Di Indonesia, beberapa data seperti dari eMarketeers, menyebutkan tahun ini saja kisaran belanja iklannya Rp40-50 miliar, itu akan melompat menjadi Rp120-130 miliar tahun depan. Hal ini dikarenakan penetrasi smartphone yang tinggi," ujar dia.


Aswin melihat tingginya lonjakan penetrasi smartphone ini dikarenakan banyak vendor yang sudah percaya diri memperkenalkan perangkat dengan harga terjangkau. Hal ini membuat seluruh masyarakat dapat menikmati ponsel dengan kualitas mumpuni.


"Pembelian ponsel saat ini sudah tidak sulit seperti beberapa tahun lalu. Dulu harganya Rp7-12 juta untuk satu unit ponsel, tapi sekarang smartphone sudah didapatkan dengan harga ratusan ribu," ujar dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya