Pengguna Smartphone Lebih Sering Buka Rahasia

Peluncuran New Motorola RAZR
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Smartphone diakui telah merevolusi cara berkomunikasi seseorang dengan beragam aplikasi, akses internet nirkabel berkecepatan tinggi, dan layanan pesan gratis. Namun revolusi komunikasi itu memberikan dampak dalam ruang publik.

Silent Walking, Tren Baru Turunkan Berat Badan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Peneliti dari Tel Aviv University, memaparkan pengguna smartphone lebih terjebak dengan perangkapnya dalam ruang publik.

Menurut Sciencedaily, Dr. Tali Hatuka dari Departemen Geografi dan Dr. Eran Toch dari TAU Departemen Teknik Industri Tel Aviv University (TAU) bekerja sama untuk mengukur dampak dari fenomena smartphone pada privasi, perilaku, dan penggunaan ponsel pintar tersebut pada ruang publik.

Hasil awal mereka menunjukkan meskipun ruang publik seperti alun-alun kota, taman, atau transportasi dikenal sebagai titik pertemuan umum, pengguna smartphone lebih terjebak dalam teknologi berbasis perangkat komunikasi mereka daripada lingkungan sekitarnya.

Dr. Toch, ahli sistem informasi dan sistem privasi itu, mengatakan pengguna smartphone 70 persen lebih mungkin percaya bahwa ponsel mereka membuka banyak privasi dibandingkan pengguna ponsel biasa.

Pengguna ini lebih bersedia mengungkapkan masalah pribadi di ruang publik mereka. Pengguna smartphone juga kurang peduli dengan individu yang berbagi ruang.

Ilusi Privasi

Dr. Hatuka mengatakan smartphone menciptakan ilusi "gelembung privasi" di sekitar pengguna dalam ruang publik. Ia juga percaya bahwa desain ruang publik mungkin perlu berubah sebagai tanggapan terhadap teknologi ini. Tidak berbeda caranya dalam beberapa daerah publik yang telah ditetapkan sebagai ruangĀ  "merokok" dan "bebas rokok."

Ngeri! Pria Paruh Baya di Sinjai Digigit Ular Piton, Kakinya Robek Dapat 41 Jahitan

Dr. Toch juga mencatat bahwa smartphone dan perangkat komputasi personal menjadi lebih "cepat" menyesuaikan diri dalam hal kecerahan dan volume dalam lokasi dan aktivitas pengguna.

Untuk mengaji bagaimana smartphone telah mempengaruhi interaksi manusia di ruang publik dan privat, para peneliti merancang survei mendalam.

Eksperimen ini melibatkan hampir 150 peserta, separuhnya merupakan pengguna smartphone dan sisanya merupakan pengguna telepon biasa. Mereka ditanya tentang bagaimana menggunakan telepon di rumah, ruang publik, ruang belajar, dan ruang transportasi.

Hasilnya pengguna telepon biasa terus mematuhi aturan sosial yang ditetapkan dalam hal penggunaan telepon. Pengguna telepon biasa menunda percakapan pribadi dan mempertimbangkan kesesuaian penggunaan ponsel di ruang publik. Sementara pengguna smartphone memiliki perilaku sosial yang berbeda untuk ruang publik.

Dua Gol Hokky Caraka Antarkan PSS Sleman Menang Atas Arema FC

Para peneliti menemukan bahwa 50 persen dari pengguna smartphone lebih rendah kemungkinan untuk diganggu oleh orang lain saat menggunakan ponsel mereka di ruang publik. Sekitar kurang dari 20 persen pengguna telepon biasa percaya bahwa percakapan telepon pribadi mereka dapat menganggu orang di sekitar mereka.

Sejumlah atlet sedang bertanding dalam turnamen Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium UMS, Jumat (20/9).

Atlet Asing Puji Turnamen Indonesia Para Badminton International 2024 yang Wah

Atlet para badminton dari berbagai negara memberikan pujian terhadap penyelenggaraan Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024