Indosat Ungkap 'Masa Tegang' 4 April Berhasil Dilewati
- Dok. Indosat
Jakarta, VIVA – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan lonjakan trafik data sebesar 21 persen sepanjang periode Idul Fitri 1 Syawal 1446 Hijriah dibandingkan hari biasa.
Peningkatan ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan. Indosat juga mencatat lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut adalah WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram.
Tingginya kebutuhan digital pelanggan dapat diantisipasi dengan dengan baik melalui kesiapan jaringan yang andal dan merata. Puncak kenaikan lalu lintas data selama periode Idul Fitri terjadi saat arus balik pada 4 April 2025.
Dari seluruh wilayah Indonesia di mana IOH beroperasi berikut adalah kota-kota yang mengalami peningkatan lalu lintas data yang tertinggi. Dari wilayah Sumatra, Kota Bumi, Padang, Siantar, dan Tebing Tinggi menjadi kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi.
Di wilayah Jakarta Raya, tiga kota yang mengalami peningkatan tertinggi adalah, Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi. Sementara itu di wilayah Jawa, kota-kota dengan kenaikan tertinggi antara lain, Garut, Kebumen, dan Madiun.
Di Bali dan Nusa Tenggara, Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok merupakan daerah yang memiliki lonjakan trafik data paling tinggi. Tak ketinggalan, Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu menjadi wilayah yang memiliki trafik data tertinggi di daerah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua.
Dalam menghadapi lonjakan trafik ini, Indosat menambah 9.600 kapasitas sites baru serta mengoperasikan penambahan 1.500 BTS baru dan 53 Mobile BTS di berbagai titik strategis.
Infrastruktur jaringan Indosat kini didukung oleh INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) by Indosat, merupakan integrasi sistem jaringan operasi yang diperkuat teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan cognitive learning.
Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia.
"Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idul Fitri merupakan komitmen terhadap 'Unparalleled Network Services Guaranteed'. Kami tidak hanya membangun jaringan, tapi juga kepercayaan pelanggan," ungkapnya di Jakarta, Rabu, 9 April 2025.