Inovasi Bukanlah Opsi, tapi Keharusan
- Dok. Telkom
Jakarta, VIVA — Inovasi bukanlah opsi, tapi menjadi keharusan bagi perusahaan yang ingin bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin sengit.
Kesadaran ini menjadi landasan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dalam mengembangkan rangkaian solusi berbasis kecerdasan buatan (AI).
Melalui pengembangan AI, Telkom berkomitmen mendukung sektor usaha agar mampu beradaptasi di era digital yang mengutamakan kecepatan, efisiensi, dan keamanan.
Kebutuhan dan perilaku konsumen yang kian kompleks saat ini mendorong pelaku usaha agar terus memiliki solusi inovatif.
Pelaku usaha di Indonesia bisa memanfaatkan AI untuk menjadi lebih kreatif serta inovatif sehingga dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.
Teknologi AI juga bisa menjadi solusi dalam meningkatkan efisiensi operasional dan menjaga loyalitas pelanggan, sehingga dapat meningkatkan penetrasi ke pasar.
Lebih lanjut, AI juga dapat dimanfaatkan dalam membantu penyusunan strategi yang bisa berdampak positif terhadap efektivitas, efisiensi, dan bahkan keberlanjutan usaha.
"Beragam solusi AI dari Telkom dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengoptimalisasi daya saing dalam menghadapi tantangan yang semakin kompetitif. Kami meyakini dapat memberi dukungan di era yang serba cepat ini,” kata EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, Selasa, 25 Maret 2025.
Ia mengaku memberikan solusi berbasis AI yang dapat digunakan untuk mendukung transformasi bisnis menjadi lebih optimal, bagi bisnis usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM hingga perusahaan besar.
Ada tiga produk digital berbasis AI untuk membantu bisnis pelanggan.
Pertama, BigBox AI. Ini adalah solusi AI dan platform analitik berbasis big data untuk membantu pengambil keputusan dalam memberikan wawasan dan nilai bagi bisnis dan organisasi.
Penggunaan BigBox AI, salah satunya, dapat membantu pelaku usaha untuk mengenali tren pembelian, seperti menganalisis perilaku konsumen, dan memprediksi permintaan, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efisien.
Kedua, Antares Eazy. Sebagai platform IoT yang telah didukung teknologi AI serta mampu menghubungkan berbagai perangkat pintar. Antares Eazy dapat dimanfaatkan untuk pengawasan dan pemantauan di rumah, tempat usaha, maupun instansi pendidikan.
Dilengkapi dengan IP Camera berbasis AI, Antares Eazy mampu meningkatkan keamanan dengan memberikan solusi pengawasan real-time berbasis cloud yang dapat mendeteksi perilaku mencurigakan.
Lebih lanjut, Antares Eazy juga mendukung implementasi smart home dan smart office, yang dapat berdampak terhadap efisiensi sehingga mendorong terciptanya lingkungan berkelanjutan.
Ketiga atau terakhir, OCA Indonesia. Ini adalah solusi omnichannel untuk kebutuhan komunikasi perusahaan maupun UMKM.
OCA dapat mengintegrasikan berbagai macam saluran komunikasi, termasuk chat dan media sosial. OCA didukung dengan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang memungkinkan pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara otomatis dan lebih personal.