Libur Akhir Tahun Dijamin Seru Tanpa Ribet Sinyal

Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna (dua kanan).
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Jakarta, VIVA – Telkomsel mengaku akan terus mengoptimalkan teknologi Hyper AI menjelang momen libur Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) agar konektivitas dan layanan tetap terjaga.

Maxstream Buka Jalan bagi Sineas Muda Indonesia

"Kami mengintegrasikan pendekatan Hyper AI berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) secara end-to-end untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan," kata Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna di Jakarta, Jumat malam, 6 Desember 2024.

Ia mengatakan, teknologi ini memungkinkan respons yang lebih cepat terhadap gangguan jaringan hingga pengelolaan jaringan secara otomatis melalui kerangka kerja jaringan otomasi atau autonomous network.

Pelanggan Telkomsel Bebas Nonton Squid Game di Netflix

Implementasi tersebut terbagi menjadi tiga pilar utama yang mendukung peningkatan kinerja dan kualitas jaringan yaitu AI-Based Customer Experience (Artificial Intelligence Service Operation Center/AISOC), AI-Based Network Operation (Artificial Intelligence Network Assurance Platform/AINAP), dan AI-Based Network Planning (Artificial Intelligence Network Planning/AINEP).

Melalui sistem Hyper AI, Indra mengaku dapat menghadirkan jaringan yang lebih cerdas sehingga memungkinkan perencanaan yang tepat sasaran, otomatisasi operasional yang efisien, serta pemantauan pengalaman pelanggan secara real-time.

Cuma Rp50 Ribu Pelanggan dapat Produk Ini dari IndiHome

Ia mengklaim pengelolaan jaringan menggunakan AI tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan, tetapi juga berperan penting dalam memastikan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan.

“Dengan pendekatan Hyper AI, kami menghadirkan kualitas layanan yang optimal bagi pelanggan di berbagai situasi dan memungkinkan pengalaman pelanggan terbaik kapan pun dan di mana pun, termasuk di titik keramaian selama Natal dan Tahun Baru dan lokasi-lokasi strategis lainnya,” jelas Indra.

Lebih lanjut, keandalan jaringan 5G dengan latensi rendah juga mendukung pendekatan Hyper AI, seperti pada implementasi layanan AI-Based Customer Care Virtual Assistance Telkomsel.

Ia juga mengungkapkan, Asisten Virtual Veronika (B2C) dan Virtual Account Manager Ted (B2B) yang terintegrasi dengan AI Service Operations Center, mampu merespons kebutuhan pelanggan secara cepat dan efektif, sehingga diharapkan dapat menghadirkan pengalaman layanan inovatif dan unggul di era digital 5G.

"Menyambut Nataru kita lakukan optimalisasi. Di beberapa kasus kita optimalisasi secara otomatis karena akan meningkatkan kecepatan penanganan gangguan, mengurangi komplain, dan tentunya meningkatkan layanan kepada pelanggan," tegas Indra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya