Pemerintah Siapkan Kejutan Dahsyat untuk UMKM

Wakil Menteri Komunikasi dan Digital, Nezar Patria.
Sumber :
  • Dok. Kemenkominfo

Jakarta, VIVA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemenkomdigi) menyatakan turut memberikan pendampingan, menyiapkan infrastruktur, serta talenta digital agar adopsi teknologi digital pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lebih merata.

Pramono Anung Janji Manis Tak Bakal Ada Penggusuran PKL di Jakarta

“Kita juga memberikan sisi pendampingan dan berkolaborasi dengan beberapa lembaga untuk UMKM Level Up. Ada juga dilakukan program lokakarya, pelatihan 1on1 business coaching (bimbingan bisnis) untuk memperkuat rencana bisnis UMKM," kata Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria, Senin, 4 November 2024.

Pemerintah terus mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengadopsi teknologi digital agar dapat mendongkrak perekonomian nasional dan bersaing secara global.

Pentingnya Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM dalam Jangka Panjang

Menurutnya, pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

“Digitalisasi bukan hanya tentang teknologi, tetapi, juga tentang menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM. Melalui langkah-langkah ini, kita berharap UMKM Indonesia dapat bersaing di tingkat global dan berkontribusi lebih signifikan terhadap ekonomi nasional," ucap Nezar Patria.

Kredit UMKM BRI Tembus Rp1.105,70 triliun Hingga Akhir Triwulan III 2024

Saat ini, terdapat 67 juta pelaku UMKM di Indonesia yang menyerap 97 persen lapangan kerja dan berkontribusi hingga 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Wamenkomdigi juga mendukung langkah strategis digitalisasi UMKM melalui "3 Go" yaitu Go Modern, Go Digital, dan Go Online yang digagas Rumah Kreatif BUMN.

Go Modern fokus pada modernisasi kegiatan UMKM, misalnya pencitraan dan pengelolaan bisnis sederhana. Go Digital fokus pada pemanfaatan aplikasi digital dan otomasi proses bisnis.

Sedangkan, Go Online bertujuan memaksimalkan teknologi digital yang dimiliki seperti iklan media sosial sampai pemanfaatan e-commerce/lokapasar dan situs web.

Menurut Nezar Patria, adopsi teknologi digital dalam UMKM akan dapat meningkatkan jangkauan hingga ke pasar global.

"Strategi baru, adopsi teknologi digital termasuk UMKM. Ini bisa menjadi keuntungan, meningkatkan jangkauan terhadap pasar, jadi, borderless (tanpa batas)," jelas Wamenkomdigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya