Satu Teguk Lagi Alkohol, Selangkah Lebih Dekat ke Kematian Mendadak

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

Jakarta, VIVA – Konsumsi alkohol berlebihan dapat mengacaukan ritme jantung normal dan memicu aritmia jantung, demikian ditunjukkan sebuah studi baru – menambah kekhawatiran mengenai dampak negatif kesehatan akibat minum alkohol berlebihan.

Cara Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Penelitian oleh tim di Jerman ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang mengamati bagaimana alkohol dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dan tidak teratur.

Kita telah mengetahui tentang sindrom jantung saat liburan – variasi detak jantung saat minum – selama beberapa dekade.

Waspada! Ini Gejala Awal Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Di sini, tim memantau pengunjung pesta secara langsung saat mereka minum, melacak konsekuensinya pada fase-fase tertentu.

Menjelang malam minum berat yang direncanakan, 193 relawan diberikan monitor elektrokardiogram (EKG) bergerak untuk melacak detak jantung mereka selama periode minum (pukul 01.00–05.00) dan periode pemulihan (pukul 06.00–19.00).

Fitur Baru Garmin Pantau Kesehatan Jantung

"Aritmia yang relevan secara klinis terdeteksi pada lebih dari lima persen peserta yang sehat, dan terutama pada fase pemulihan," kata ahli jantung Moritz Sinner dari Universitas Ludwig Maximilian Munich (LMU Munich), seperti dikutip dari situs Sciencealert.

Para peserta pesta mencatat kadar alkohol darah puncak yang rata-rata mencapai 1,4 gram per kilogram – kadar alkohol dalam darah yang cukup tinggi untuk memengaruhi berbagai sistem tubuh.

Sedangkan, untuk aritmia jantung yang diamati pada 10 peserta, termasuk fibrilasi atrium (detak abnormal di ruang atrium) dan takikardia ventrikel (detak abnormal di ventrikel). Denyut jantung lebih dari 100 denyut per menit tercatat dalam beberapa kasus.

Dalam satu contoh, seorang pria berusia 26 tahun yang sehat mengalami fibrilasi atrium sekitar 13 jam setelah ia berhenti minum, yang berlangsung selama 79 menit. Pria tersebut tidak memiliki riwayat fibrilasi atrium sebelumnya.

Empat peserta mengalami penyumbatan jantung – gangguan pada sinyal 'kapan harus berdetak' yang biasanya berjalan dari atrium ke ventrikel.

Dalam kasus yang paling serius, seorang wanita sehat berusia 29 tahun mengalami penyumbatan jantung tingkat tiga selama fase pemulihan yang berlangsung selama 15,4 detik.

Kita tahu bahwa minum mempengaruhi sistem saraf otonom tubuh, yang berarti peningkatan detak jantung dan tingkat stres, tetapi belum jelas apa konsekuensinya bagi kesehatan secara keseluruhan atau risiko penyakit jangka panjang.

"Data kami mendukung pemahaman bahwa modulasi sistem saraf otonom yang diinduksi alkohol memediasi kejadian aritmia. Secara keseluruhan, sindrom jantung saat liburan tetap jarang terjadi pada individu yang sehat, tetapi harus diakui sebagai masalah kesehatan yang relevan," ungkap Sinner.

Setiap perubahan pada detak jantung normal berpotensi berbahaya, baik disebabkan oleh kematian orang yang dicintai atau reaksi buruk terhadap pengobatan.

Penting bagi penelitian di masa mendatang untuk melihat lebih dekat mengapa perubahan ini dapat terjadi, dan apa konsekuensinya.

Itulah alasan lain untuk selalu minum secukupnya. Jadi, terlalu banyak alkohol telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, perubahan gen, kerusakan hati yang parah, hingga peningkatan risiko kanker.

"Studi kami memberikan, dari perspektif kardiologis, efek negatif lain dari konsumsi alkohol berlebihan secara akut terhadap kesehatan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya