Memburu Keindahan dalam Ketidaksempurnaan melalui Lensa Kamera

Ilustrasi siluet orang dengan latar gambar buram yang abstrak.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta, VIVA – Fotografer senior Indra Leonardi menampilkan karya terbaru, '365 by Indra Leonardi'. Pameran tersebut adalah proyek satu tahun yang dibuat dalam rangka merayakan ulang tahun ke-60 sang fotografer. Ia pun mengungkap konsep 365 yang diusungnya.

5 Hobi di Rumah yang Menghasilkan Uang Tambahan di 2024: Manfaatkan Waktu Luang dengan Bijak

"365 adalah konsep yang saya buat dalam merayakan kehidupan dengan menangkap gambar setiap hari mulai dari Agustus 2023. Dengan menggunakan teknik konvensional dan lensa manual, saya sengaja menciptakan gambar buram yang abstrak, mencerminkan kehidupan dan perjalanan sehari-hari selama periode waktu satu tahun," katanya.

Konsep gambar buram itu bermaksud menyoroti keindahan ketidaksempurnaan dan keaslian artistik dengan tujuan memperkuat pemahaman lintas budaya.

Kombinasi Maut untuk Fotografi Smartphone

Dalam seri ini, fokus beralih dari ketajaman kejelasan dan kualitas yang sering diasosiasikan di dalam fotografi profesional, kini, justru merangkul kekaburan sebagai metafora untuk memori dan refleksi.

"Saya ingin mengajak pengunjung untuk merenung sekaligus melihat keindahan dalam ketidaksempurnaan dan merayakan momen-momen kecil yang sering kali terlewatkan," tutur dia.

Darwis Triadi Lihat Potensi Anak Muda Aceh di Dunia Fotografi

Pameran mulai dibuka untuk umum pada 13 Oktober hingga 3 November 2024 didukung dengan konsep ruang pamer yang berkolaborasi dengan Gregorius Supie Yolodi dan Maria Rosantina dari Yolodi+Maria Architects.

Nippon Paint Indonesia melihat sosok Indra Leonardi sebagai fotografer dan juga pelaku seni yang berpengaruh.

Senior Sales Manager-TU Project Nippon Paint Indonesia, Ramdhan Effendi, mengatakan hasil bidikan kamera Indra Leonardi mengabadikan perjalanan 365 hari dalam konsep berbeda, tidak biasa, namun penuh makna.

"Keunikan karyanya yang menyorot realitas kehidupan sehari-hari tapi dengan sengaja menciptakan gambar buram yang abstrak dan hasilnya mengagumkan. Hal ini tentunya layak untuk mendapat apresiasi dan dukungan," jelasnya.

Dukungan yang dilakukan Nippon Paint Indonesia melalui pengecatan instalasi ruang pameran menggunakan Vinilex - OW 1086 Gray Dew, Nippon Hydrofast - OW 1086 Gray Dew, Nippon Hydrofast - NP N 3050 P Rush Hour, Nippon Hydrofast - 144 Black, dan Wall Sealer 5400.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya