Keamanan Siber Jadi Prioritas

Wamenkomdigi, Nezar Patria.
Sumber :
  • Dok. Kemenkominfo

Jakarta, VIVA – Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi), Nezar Patria, mengatakan pihaknya akan fokus pada sejumlah hal prioritas, mulai dari meningkatkan keamanan siber hingga digitalisasi pemerintahan.

Perlindungan Data juga Harus jadi Perhatian Kabinet Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto

"Ada beberapa hal yang menjadi fokus kita. Yang pertama tentang keamanan siber," katanya di Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Ia mengatakan salah satu program yang akan dilakukan adalah memastikan setiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah memiliki Tim Tanggap Insiden Keamanan Komputer atau Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Nezar Patria dan Angga Raka Prabowo Siap Bantu Meutya Hafid

Tim ini diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengatasi serangan siber yang semakin meningkat.

Meski beberapa instansi pemerintah sudah memiliki CSIRT, dia menyebut bahwa masih ada yang belum memilikinya, sehingga diperlukan perbaikan dalam tata kelola keamanan siber.

Nezar Patria Dipanggil Prabowo ke Kediamannya, Dipercaya jadi Wamenkominfo Lagi?

"Itulah yang mau kita benahi tata kelolanya, supaya kita lebih tahan terhadap serangan siber nanti. Paling enggak di tingkat persiapan infrastrukturnya kita sudah bereskan," ungkap dia.

Selain itu, pembangunan infrastruktur digital juga menjadi salah satu fokus yang akan dikerjakan.

Nezar Patria menyebut bahwa konektivitas yang sudah ada harus ditingkatkan menjadi "meaningful connectivity" yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Pembangunan ekosistem digital yang solid diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan mencapai 8 persen, sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto.

"Pesan Pak Presiden adalah bagaimana kita bisa mengejar pertumbuhan ekonomi 8 persen itu, dengan memaksimalkan ekosistem digital yang terbentuk untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Kemudian, isu digitalisasi merupakan salah satu fokus yang tertuang dalam Program Asta Cita Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi, memang sudah menjadi fokus sesuai dengan Asta Cita Presiden Prabowo bahwa kita juga akan menitikberatkan kepada digital. Itulah alasan nama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) diubah menjadi nama Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi)," tutur Wamenkomdigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya