Hunter Moon Hiasi Langit Indonesia Malam Ini

Bulan purnama atau Supermoon.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Jakarta, VIVA – Bulan purnama atau supermoon yang diberi nama Hunter Moon bakal muncul di Indonesia pada Kamis malam ini, 17 Oktober 2024.

Potret Momen Bulan Purnama Masuk Lingkaran Ring Olimpiade Paris 2024 di Menara Eiffel

Hunter Moon akan terlihat pada sore hari saat Matahari terbenam sekitar pukul 18.26 WIB hingga menjelang Matahari terbit pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Hunter Moon bakal menjadi Bulan purnama terbesar yang terjadi sepanjang tahun ini, atau 15 persen lebih besar dari Bulan pada umumnya dan memiliki 30 persen cahaya lebih terang.

Tanduk Rusa Akan Muncul Jelang Maghrib Nanti

Fenomena Supermoon Di Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
Siap-siap Menatap Langit Malam Ini

Mengutip beberapa sumber, Profesor riset astronomi dan astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin mengungkap mengapa bulan tersebut diberi nama Hunter Moon atau Bulan Pemburu.

Menurutnya, pada Oktober mayoritas orang di negara-negara Barat kerap melakukan aktivitas berburu sebelum memasuki musim dingin.

Suku Indian Amerika juga kerap menamai setiap bulan purnama dengan kapan waktu kemunculannya. Oktober terkenal sebagai Bulan Pemburu sehingga purnama yang muncul juga memiliki nama yang sama.

Oktober kerap dijadikan waktu yang tepat untuk memburu lantaran rusa buruan menjadi gemuk saat berada di musim gugur.

Terlepas dari penamaannya, Thomas menyampaikan, fenomena Hunter Moon terjadi dalam jarak terdekat dengan Bumi. Kondisi ini membuat bulan terlihat lebih besar dari bulan pada umumnya.

Fenomena Blue Moon.

Sebentar Lagi Akan Ada Penampakan Besar pada Dini Hari

Sebentar lagi akan ada penampakan besar pada Senin dini hari ini, 19 Agustus 2024. Sebab, akan muncul 'Blue Moon' atau Bulan Purnama Biru.

img_title
VIVA.co.id
19 Agustus 2024