Ingin Tahu Umur Sejati Anda? Cukup Usap Pipi

Ilustrasi usia manusia.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Bagaimana jika Anda dapat memprediksi berapa lama Anda akan hidup? Nah, sebuah tes baru mungkin akan segera memungkinkan Anda melakukan hal itu.

Misteri 40 Hari Setelah Kematian: Buya Yahya Jelaskan Soal Kunjungan Arwah

Tes ini didasarkan pada penelitian baru tentang penuaan biologis dan penanda yang dapat membantu para ilmuwan menentukan usia biologis manusia hanya dengan mengusap bagian dalam pipi.

Sebuah tes yang menggunakan sel-sel dari bagian dalam pipi manusia dapat secara akurat memprediksi risiko kematian, menurut petunjuk penelitian baru.

Hari Jantung Sedunia, Hanya Ratusan Dokter di Indonesia yang Bisa Katerisasi Jantung

Temuan tersebut, yang diterbitkan dalam Frontiers in Aging, menyajikan sebuah cerita menarik tentang usia pipi manusia dan bagaimana para ilmuwan dapat mengetahui usia biologis hanya dengan memeriksa sel-sel pada bagian tersebut.

Penelitian tersebut sangat bergantung pada CheekAge, sebuah alat baru yang menggunakan sampel pipi — atau 'bukal' — untuk memperkirakan risiko kematian seseorang dalam satu tahun, seperti dikutip dari situs BGR.

Umur Masuk 43 Tahun, Netizen Gagal Fokus Sama Wajah Ariel NOAH yang Dinilai Makin Tua

Pada sekelompok orang dewasa berusia 69 hingga 101 tahun, tes tersebut sangat terkait dengan risiko kematian akibat penyebab apapun.

Peningkatan pada CheekAge subjek studi berhubungan dengan peningkatan 21 persen dalam risiko kematian mereka dalam 12 bulan ke depan.

CheekAge adalah jenis jam epigenetik, sebuah alat yang mengukur 'usia biologis' seseorang dengan melihat pola bahan kimia yang melekat pada DNA mereka.

"Dalam banyak kasus, 'usia biologis jauh lebih memberi tahu [tentang kesehatan seseorang] daripada tahun-tahun yang telah mereka jalani di planet ini'. Harapan jangka panjang untuk alat-alat seperti CheekAge adalah untuk membantu orang memperlambat atau mencegah penuaan biologis," kata David Furman, seorang profesor madya di Buck Institute for Research on Aging di Novato, California, AS.

Namun, untuk saat ini, alat-alat tersebut tidak dapat memberi tahu Anda cara mencapai prestasi itu, Furman dan penulis studi pertama Maxim Shokhirev, kepala biologi komputasional dan ilmu data di Tally Health di New York, AS, mengatakan.

Secara umum, jam epigenetik memeriksa penuaan darah dan jaringan lain untuk membuat prediksi tentang usia kronologis seseorang dan risiko kematian serta penyakit terkait usia, seperti kanker.

Penanda penuaan yang paling umum yang dicari oleh jam-jam tersebut adalah metilasi DNA, suatu proses di mana molekul-molekul kecil yang disebut gugus metil menempel pada DNA dari waktu ke waktu.

Molekul-molekul ini membantu mengendalikan ekspresi gen, mengaktifkan dan menonaktifkan gen tertentu.

Mereka lalu memasangkan pola metilasi DNA dalam sel-sel pipi dengan skor kesehatan secara keseluruhan, yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat stres seseorang, pendidikan, dan indeks massa tubuh (BMI).

Dengan demikian, "skor CheekAge" seseorang dikaitkan dengan status kesehatan dan tingkat penuaan biologis yang tampak. Para ilmuwan telah lama mencoba memahami jam biologis hewan dan manusia.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa axolotl bahkan dapat menghentikan jam biologis mereka — sebuah fakta yang telah menarik banyak penelitian dan minat dari para ilmuwan yang mencoba untuk membalikkan penuaan pada manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya