Hati-hati! Nonton Joker: Folie à Deux Bisa Bikin Dompet Kosong

Film Joker: Folie à Deux.
Sumber :
  • Wtv1

Jakarta, VIVA – Kaspersky telah mengungkap pelaku kejahatan siber yang euphoria kehebohan seputar "Joker: Folie à Deux" menjelang pemutaran perdananya di bioskop di seluruh dunia untuk melakukan penipuan phishing.

Taktik Ngeri Phishing Terungkap

Penggemar yang ingin menonton film baru tersebut secara online berisiko tertipu dan memberikan data sensitif dan uang mereka.

Pakar Kaspersky telah mengidentifikasi penipuan phishing yang terkait dengan film baru tersebut. Contoh pertama melibatkan penawaran palsu untuk berlangganan guna menonton film tersebut secara gratis.

Sambut Hari Media Sosial, Hati-hati Konten Manipulasi

Di situs web palsu tersebut, pengguna diminta memasukkan informasi kartu kredit mereka untuk mendaftar, sementara film yang dijanjikan tidak pernah dapat diakses.

Para penipu memperoleh akses ke detail kartu korban dan dapat menggunakannya untuk transaksi penipuan atau untuk berjualan di dark web.

Memanfaatkan Pasar Streaming Data yang Lagi Berkembang

Jenis penipuan kedua mengeksploitasi merek film Joker untuk memikat korban ke dalam skema investasi palsu, hadiah cuma-cuma, atau jebakan serupa.

Penjahat siber membuat situs web phishing yang mengklaim menawarkan akses gratis ke film tersebut.

Saat pengguna mencoba memutar video, mereka akan diarahkan ke halaman lain - sering kali mempromosikan skema menghasilkan uang dengan cepat dan mudah, menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam hadiah cuma-cuma, atau mungkin keuntungan lainnya.

Dalam kasus yang diungkap oleh Kaspersky, pengguna diminta untuk memberikan informasi pribadi - sehingga pelaku dapat menghubungi mereka dengan peluang investasi palsu - atau detail kartu kredit, misalnya, untuk membayar pengiriman hadiah.

“Menjelang pemutaran perdana, semakin banyak orang mencari berbagai cara untuk mendapatkan akses awal ke film tersebut dan, akibatnya, risiko menjadi korban semacam itu pun meningkat. Kami sangat menyarankan pengguna untuk memverifikasi dengan cermat tempat mereka memasukkan informasi sensitif dan memasang perangkat lunak antivirus yang andal yang dapat memperingatkan terhadap situs web yang mencurigakan atau berbahaya," kata Olga Svistunova, pakar keamanan Kaspersky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya