Telkom Ingin Jadi Nomor Satu, tapi Caranya Beda

Teknisi Telkom Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Telkom

Jakarta, VIVA – Head of Digital Vertical Ecosystem Movement and Public Service, Digital Business and Technology Telkom Indonesia, Goe Ngurah Sandhy Widyasthana, mengatakan pola pikir dan adopsi budaya kolaborasi menjadi kunci keberhasilan Telkom bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital di Indonesia.

Strategi PLN Jadi Pusat Ekosistem Startup Energi Indonesia

Ia mengatakan perubahan pola pikir ini telah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir agar Telkom tetap menjadi perusahaan milik negara yang mampu memberikan solusi bagi masyarakat sekaligus bertumbuh dari segi bisnis hingga ke pasar global.

"Jadi, kalau dulu pola pikir sebagai perusahaan adalah kompetitif melihat pesaing itu harus selalu kalah. Sekarang pola pikirnya diubah jadi kolaboratif. Bahwa untuk jadi pemenang tidak perlu harus ada yang dipecundangi atau kalah gitu. Kita bisa bersama-sama menjadi pemenang," katanya di Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2024.

Simak Rekomendasi Saham Jagoan Binaartha Sekuritas Hari Ini

Goe mencontohkan salah satu pola pikir ini telah diterapkan dalam langkah Telkom mendukung pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia dengan mengajak startup berkolaborasi memberikan solusi yang belum tersedia di dalam layanan Telkom.

Bahkan, apabila startup digital di Indonesia belum mampu memberikan solusi seperti dalam hal kecerdasan artifisial dan keamanan siber yang akhir-akhir ini sedang bertumbuh. Telkom membuka diri untuk berkolaborasi dengan mitra asing yang berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan sektor tersebut di Indonesia.

Delta Electronics Siap Hadirkan Inovasi Data Center dan Energi Terbarukan di Indonesia

"Kami investasi di startup lokal yang memang punya solusi yang belum ada di kami. Bahkan, kami siapkan untuk mereka bisa memiliki koneksi di global. Jadi, kami mencoba bring equity to Indonesia," tegasnya.

Adapun kolaborasi ini memperkuat pilar lainnya yang menyukseskan transformasi digital oleh Telkom, yaitu pilar infrastruktur dan platform digital. Dalam hal infrastruktur digital, Telkom terus meningkatkan kapabilitasnya dengan melakukan peningkatan teknologi jaringan yang kini sudah mencapai 5G.

Sementara dalam hal platform digital, Telkom juga mengikuti perkembangan teknologi dengan menyediakan dan memperbanyak pusat data atau data center sehingga memungkinkan pengembangan inovasi teknologi lebih banyak terjadi di dalam negeri.

"Saat ini trennya kan memang sedang mengarah pada data center mengingat tren pertumbuhan teknologi ke AI, cloud, dan sebagainya.Maka kami perkuat data center di Indonesia, salah satunya untuk menjaga kedaulatan data. Bahwa data Indonesia ya adanya di Indonesia," tutur Goe.

Solusi Omnichannel Telkom.

Layanan yang bikin Pelanggan Ketagihan Terungkap

Dengan strategi omnichannel, 'brand' dapat terhubung dengan pelanggan melalui berbagai platform secara efisien dan konsisten.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2024