Perangkat Listrik Ini Lindungi Rumah dari Bahaya Kebakaran dan Kesetrum

Ilustrasi pemadam kebakaran.
Sumber :
  • Pixabay.

Jakarta, VIVA – Seiring dengan pergeseran gaya hidup yang semakin terhubung dan modern, penggunaan teknologi serta perangkat listrik kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Dukung Kebutuhan Listrik di Kaltim, PLN Rampungkan Pembangunan SUTT 150 kV

Namun, perlu diketahui bahwa mayoritas kasus kebakaran yang terjadi di perumahan diakibatkan oleh masalah kelistrikan.

Data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menunjukkan hampir 30 persen dari 2.286 kasus kebakaran pada 2023 terjadi di bangunan perumahan, dengan lebih dari 50 persen disebabkan oleh masalah kelistrikan.

Komitmen PLN dalam Meningkatkan Pelayanan Kelistrikan di Riau Kini Tercapai

Oleh karena itu, penting bagi setiap rumah tangga untuk memastikan instalasi kelistrikan dilengkapi proteksi andal guna mencegah risiko kebakaran dan kecelakaan.

Perlindungan terhadap bahaya kebakaran, kesetrum, dan lonjakan daya listrik pada rumah dan bangunan membutuhkan perangkat proteksi kelistrikan yang berbeda.

Waspada! PLN Bongkar 4 Modus Pencurian Arus Listrik di Jakarta

Proteksi kelistrikan yang umum diketahui masyarakat adalah MCB (Miniature Circuit Breaker). Akan tetapi, harus diingat, MCB digunakan sebagai proteksi beban lebih dan korsleting listrik, bukan untuk proteksi kesetrum maupun proteksi terhadap induksi petir.

Kini, ada inovasi saklar AvatarOn dari Schneider Electric. Di balik tampilannya yang modern, AvatarOn juga dilengkapi teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang meminimalkan risiko percikan api, serta pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap.

Saklar ini juga menyediakan fungsi tambahan seperti gantungan kunci dan soket USB, menawarkan kenyamanan ekstra dalam kehidupan sehari-hari.

Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia, M Farhan Lucky, menjelaskan saklar kini bukan hanya soal fungsi, tetapi juga menjadi elemen penting dalam personalisasi dan detail desain interior.

Dengan inovasi seperti AvatarOn, maka saklar dapat disesuaikan dengan warna, motif, bahkan mencetak foto atau momen spesial, memberikan sentuhan unik pada setiap ruang.

Desainnya yang ramping tanpa bingkai memudahkan pemasangan dan memungkinkan personalisasi yang simpel namun elegan.

"Saklar yang dulunya dianggap sepele, kini, menjadi bagian integral dari keseluruhan estetika ruangan, menyatukan fungsi dengan desain yang stylish dan modern, tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan," kata Farhan di Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2024.

Bukan itu saja. Untuk melindungi dari bahaya kesetrum, terdapat produk proteksi kelistrikan bernama Gawai Proteksi Arus Sisa (ELCB/RCCB) yang berfungsi sebagai pengaman dari risiko kebocoran arus listrik. Produk ini wajib digunakan di area residensial sesuai PUIL 2020 dan Permen ESDM No 7 Tahun 2021.

RCCB memiliki sensitivitas yang cocok untuk perumahan dan apartemen, yaitu 30mA untuk proteksi terhadap manusia, dan 300mA untuk melindungi bahaya kebakaran akibat arus sisa. Schneider Electric menawarkan Domae RCCB dengan kedua tipe, yakni Domae RCCB 30mA dan 300mA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya