Trafik Data Selama PON XXI Aceh-Sumut Melonjak Drastis, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Telkomsel mencatat lonjakan trafik broadband 5G selama PON XXI Aceh-Sumut 2024.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

Jakarta, VIVA – Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik broadband 5G hingga lebih dari 340 persen dibanding hari biasa selama perhelatan Pekan Olaharaga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut pada 9-20 September 2024.

221 BTS 4G LTE dan 3 BTS Hyper 5G 'Jagain' MotoGP Mandalika

Vice President Area Network Operations Sumatra Telkomsel Nugroho Adi Wibowo menuturkan, tidak hanya mencatat peningkatan pada trafik broadband jaringan 5G, tapi juga pada layanan data jaringan lainnya dengan lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 11,20 persen.

Kenaikan signifikan trafik layanan data ini mencerminkan komitmen perusahaan milik negara itu untuk terus menghadirkan konektivitas digital dengan teknologi terkini dalam beragam ajang nasional dan internasional.

Penutupan PON 2024 Berjalan Sukses dan Meriah, Tercatat 28 Ribu Orang Padati Stadion Utama

Dalam PON komitmen untuk menghadirkan teknologi terkini tersebut diwujudkan dengan penambahan jaringan 5G di 12 lokasi strategis penyelenggaraan PON XXI, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, serta pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Selama periode ajang olahraga terbesar tersebut berlangsung, lonjakan trafik data tertinggi tercatat di area Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatra Utara (GOR DISPORASU) Deli Serdang.

Telkomsel Prestige Hadirkan Kartu ID Digital hingga Akses Lounge Bandara

Peningkatan yang terjadi lebih dari 45,20 persen tempat pelaksanaan cabang olahraga Bulu Tangkis, Bola Basket, Futsal, Sepak Bola Putri dan lainnya.

Selain itu, lonjakan trafik data juga terjadi di SPORT Center Universitas Syiah Kuala Aceh, dengan peningkatan sebesar 42,60 persen, yang menjadi lokasi pelaksanaan cabang olahraga Baseball, Judo, Petanque dan Rugby.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial meningkat hingga 9,61 persen, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference mencapai 8,05 persen, video streaming sebesar 7,65 persen, mobile gaming melonjak hingga 10,5 persen, dan akses browsing tumbuh 8,58 persen.

“Kami akan terus berinovasi dan beradaptasi untuk menghadirkan layanan terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan komunikasi digital masyarakat di era transformasi digital yang semakin dinamis," kata Nugroho, Jumat, 27 September 2024.

Layanan data Telkomsel.

Telkomsel Andalkan Ini untuk Tingkatkan Kualitas Jaringan, Hasilnya Mengejutkan

Telkomsel menghadirkan Hyper AI, sebuah pendekatan 'end-to-end' berbasis AI (kecerdasan buatan) yang sepenuhnya berpusat pada pelanggan.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2024