Bumi Akan Punya Dua Bulan pada 29 September 2024? Cek Faktanya!

Ilustrasi penampakan dua Bulan.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Fenomena langka akan terjadi dalam waktu dekat. Bumi, akan segera memiliki "Bulan kedua", meskipun hanya untuk sementara. Bagaimana penjelasannya?

Sosok Mengerikan Manusia Salju Terungkap, Ancam Kehidupan di Bumi

Ya, berdasarkan sebuah studi terbaru, sebuah asteroid kecil akan menjadi "mini Moon" yang mengorbit Bumi selama hampir dua Bulan, mulai 29 September hingga 25 November 2024.

Melansir dari situs Patch, asteroid yang diberi nama 2024 PT5 ini ditemukan pada 7 Agustus menggunakan sistem Asteroid Terrestrial-impact Last Alert di Sutherland, Afrika Selatan.

Di Bulan Banyak Air, Kata PSI

Menurut laporan yang dipublikasikan di jurnal Research Notes of the American Astronomical Society, asteroid tersebut berasal dari sabuk Asteroid Arjuna, yang mengandung batuan antariksa dengan orbit mirip Bumi.

Alien akan Punah akibat Kepanasan di Bumi

Ilustrasi penampakan Bulan di siang hari.

Photo :
  • Pixabay/CaiYJ

Carlos de la Fuente Marcos, seorang profesor di Universidad Complutense de Madrid dan penulis utama studi tersebut, menjelaskan bahwa 2024 PT5 akan mengelilingi Bumi untuk sementara sebelum kembali ke orbit di sekitar Matahari. Sabuk Asteroid Arjuna, tempat asal asteroid ini, berada pada jarak rata-rata sekitar 93 juta mil dari Matahari.

Rupanya, peristiwa seperti ini bukanlah yang pertama terjadi di alam semesta. Mini Moon pernah terjadi sebelumnya pada 1981 dan 2022.

Objek yang mendekati Bumi dengan kecepatan rendah sering kali mengalami momen di mana energi geosentrik-nya menjadi negatif, sehingga menyebabkannya tertangkap oleh gravitasi Bumi selama beberapa waktu sebelum akhirnya melepaskan diri kembali ke angkasa.

Sayangnya, Asteroid 2024 PT5 ini tidak akan terlihat oleh mata telanjang atau bahkan teleskop biasa. Menurut Marcos, hanya teleskop profesional dengan diameter minimal 30 inci yang dilengkapi dengan detektor khusus yang dapat mengamati mini Moon ini.

Fenomena mini Moon ini sontak viral dan mencuri perhatian netizen, tak terkecuali netizen di Indonesia. Hal itu terlihat dari postingan @jkt.spot yang mengunggah kabar serupa di Instagramnya.

"Apakah gaji kita juga akan dibayar dua bulan?" celetuk netizen di kolom komentar.

"Mantap ini 2x gajian," komentar yang lain. "Cicilan nambah bulan nih," guyon netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya