16 Aplikasi untuk Tingkatkan Skill, Cari Kerja Jadi Mudah

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • freepik/Drazen Zigic

Jakarta, VIVA – Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, terutama ketika skill yang kita miliki belum sepenuhnya memenuhi standar yang diinginkan oleh perusahaan.

Strategi Pertamina Energy Terminal Tingkatkan Keamanan di Kawasan Terminal BBM Baubau

Namun, kamu tidak perlu khawatir! Berikut 16 aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu kamu meningkatkan skill, sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian jadi lebih mudah.

1. Aplikasi untuk Buat CV

Inilah 5 Aplikasi Crypto Indonesia Aman dan Legal Terdaftar di BAPPEBTI

Aplikasi untuk Buat CV

Photo :
  • Instagram @connectedatid

Membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan profesional kini semakin mudah dengan bantuan berbagai aplikasi. Aplikasi Grammarly mampu memeriksa tata bahasa dan ejaan pada CV, sehingga kesalahan penulisan bisa diminimalisir.

Aplikasi Canggih Membuat Liburan Jadi Lebih Murah dan Praktis

Selain itu, Hemingway Editor membantu menyederhanakan kalimat-kalimat panjang dan kompleks, sehingga CV lebih mudah dipahami dan terlihat lebih profesional. Bagi kamu yang ingin memastikan CV lolos sistem penyaringan otomatis (ATS), Skillsyncer adalah aplikasi yang dapat memindai dan menyesuaikan CV agar lebih ATS-friendly.

Tidak hanya itu, Google Drive juga menjadi solusi praktis untuk menyimpan berbagai versi CV dengan aman dan mudah diakses kapan saja.

Jika kamu mencari template CV yang sesuai dengan ATS, aplikasi KL+ menyediakan beragam pilihan yang bisa diisi hanya dalam waktu lima menit. Sementara itu, Evernote dapat membantu kamu mengumpulkan pengalaman-pengalaman relevan untuk dimasukkan ke dalam CV.

2. Aplikasi untuk Buat Portofolio

Aplikasi untuk Buat Portofolio

Photo :
  • Instagram @connectedatid

Selain CV, membuat portofolio juga penting untuk menggambarkan dengan jelas karya yang telah kamu buat dipekerjaan sebelumnya. Kini, membuat portofolio yang menarik semakin mudah dengan berbagai aplikasi yang tersedia.

Canva dan Wix adalah dua aplikasi yang menawarkan beragam template untuk membuat desain portofolio secara visual dan profesional.

Jika kamu seorang penulis, WordPress bisa menjadi tempat ideal untuk membangun portofolio tulisan yang menarik dan mudah diakses.

Sementara itu, bagi desainer, Bechance memungkinkan kamu memamerkan karya-karya kreatif kepada komunitas global. Bagi para developer atau coder, Github jadi platform yang tepat untuk menampilkan proyek coding.

3. Aplikasi untuk Latihan Wawancara Kerja

Aplikasi untuk Latihan Wawancara Kerja

Photo :
  • Instagram @connectedatid

Setelah memiliki CV dan portofolio, langkah berikutnya adalah berlatih wawancara kerja untuk meminimalkan kesalahan saat mendapat undangan wawancara.

Pramp adalah aplikasi khusus untuk berlatih wawancara kerja secara interaktif, sehingga memberikan simulasi yang nyata. Sedangkan Big Interview membantu kamu membuat daftar persiapan wawancara, memastikan kamu siap menjawab setiap pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan.

Bagi kamu yang berasal dari bidang IT, InterviewBit menawarkan latihan wawancara khusus untuk industri teknologi. Sementara itu, Glassdoor menyediakan ribuan contoh pertanyaan dari berbagai perusahaan.

Untuk latihan berbicara dalam bahasa asing, Google Translate dapat menjadi alat yang berguna, membantu melatih pengucapan dan pemahaman bahasa lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya