Memberi Wawasan Baru tentang Potensi Teknologi 5G

Direktur Transformasi dan Perencanaan Telkomsel Wong Soon Nam.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

Jakarta, VIVA – Telkomsel menghadirkan 5G showcase di ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut 2024. Showcase tersebar di tiga lokasi penyelenggaraan PON XXI, yakni Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga di Medan, serta Sport Center Deli Serdang yang berkolaborasi dengan Ericsson, Huawei, dan Qualcomm.

Taktik Telkomsel Lawan Polusi Udara

Para pengunjung di tiga lokasi tersebut bisa mendapat kesempatan untuk menjelajahi 11 use-case 5G yang memanfaatkan spektrum frekuensi 700 MHz dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Ke-11 use-case tersebut adalah 5G Cyber Dog, AI UU Robot, Smart Glasses, FMC Smart Home, Virtual Reality (VR), Sports Fan Engagement, 5G Device Ecosystem, 5G Smart Live Broadcast, Smart Pole CCTV, 5G New Calling, hingga Telkomsel.1.

Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' bersama Apple iPhone 14 hingga Huawei

"Seluruh use-case 5G yang dihadirkan memberi wawasan baru tentang potensi teknologi 5G dalam meningkatkan kualitas hidup di berbagai aspek," ungkap Direktur Transformasi dan Perencanaan Telkomsel Wong Soon Nam, melalui konferensi pers virtual, Kamis, 12 September 2024.

Menanti Realme 13 Pro Series 5G di Indonesia

Telkomsel 5G Showcase.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

5G Cyber Dog dan AI UU Robot. Keduanya dapat memberikan interaksi yang menyenangkan dan interaktif, melakukan pengenalan wajah, menyapa pengunjung, hingga memberikan informasi selama acara berlangsung.

Hadir juga Smart Glasses yang memungkinkan pengunjung yang datang ke booth mendapatkan pengalaman live broadcasting ke media sosial, seperti Instagram, menggunakan akun pribadi mereka.

Kemudian, FMC Smart Home, solusi rumah pintar berbasis Fixed Mobile Convergence (FMC) dan 5G memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman mengelola perangkat rumah dengan cerdas dan efisien.

Lalu, teknologi Virtual Reality (VR) yang dihadirkan juga memungkinkan pengunjung merasakan suasana pertandingan layaknya mereka berada di dalam area stadion, meskipun secara fisik berada di luar arena.

Diperkenalkan juga Immersive Sports Fan Engagement yang memanfaatkan kapabilitas network slicing 5G Telkomsel untuk memberikan pengalaman menonton olahraga yang lebih personal dan interaktif.

Telkomsel 5G Showcase.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Selanjutnya, 5G Device Ecosystem, menampilkan berbagai perangkat yang mendukung jaringan 5G, termasuk smartphone, perangkat wearable, dan perangkat Internet of Things (IoT), yang semuanya dirancang untuk memaksimalkan potensi jaringan 5G dalam mendukung kehidupan modern.

Pengalaman 5G semakin diperkaya oleh 5G Smart Live Broadcast yang menghadirkan inovasi revolusioner bagi industri penyiaran. Teknologi ini memungkinkan produksi konten siaran langsung menjadi lebih efisien dengan biaya lebih rendah.

Selain itu, terdapat juga Smart Pole CCTV yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan, seperti di jalan raya untuk mendeteksi dan menghitung jumlah pelanggaran lalu lintas oleh pengendara.

Inovasi 5G New Calling, layanan komunikasi berbasis 5G yang memungkinkan interaksi lintas bahasa secara lebih mudah dan tanpa hambatan, berkat fitur penerjemah otomatis yang terintegrasi.

Terakhir, use-case Telkomsel.1, yang menghadirkan layanan konektivitas WiFi on-demand bagi pelanggan dengan proses instalasi dan pengalaman pengguna yang sangat sederhana, memberikan kenyamanan maksimal dalam setiap perjalanan digital pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya