Siap-siap Jadi Saksi Bersejarah Siang Ini

SpaceX.
Sumber :
  • twitter.com/SpaceX

Jakarta, VIVA – Siap-siap menjadi saksi bersejarah. Empat kru sipil sebentar lagi akan melakukan perjalanan di ruang hampa di luar angkasa atau spacewalk pada Kamis hari ini, 12 September 2024 pukul 02.23 EDT atau pukul 13.23 WIB.

Misi Bersejarah SpaceX akan Dimulai

Perwakilan SpaceX dan Polaris Dawn mengatakan bahwa spacewalk akan berlangsung sekitar dua jam dari awal hingga akhir. Waktu tersebut dimulai dari saat Kapsul Crew Dragon di misi tersebut diventilasi hingga tekanan udaranya normal.

Crew Dragon tidak memiliki airlock, jadi seluruh bagian dalamnya akan terpapar ke ruang hampa. Keempat kru, yakni Jared Isaacman, Scott "Kidd" Poteet, dan spesialis misi Sarah Gillis serta Anna Menon, mengenakan seragam astronot SpaceX yang baru.

Barry dan Sunita Pulang Jelang Hari Valentine

Kendati demikian, hanya Isaacman dan Gillis yang akan keluar dari kapsul. Mereka akan melakukannya secara berurutan, tidak bersamaan, dan masing-masing akan tetap berada di luar Crew Dragon selama 15 hingga 20 menit.

"Kami tidak akan hanya melayang-layang saja. Kami akan tetap terhubung ke kapsul dengan tali pusar dan tali pengaman, menggunakan rangka “Skywalker” seperti perancah untuk pegangan tangan dan kaki," ungkap Isaacman, seperti dikutip dari situs Space.

Langit Jadi Lebih Terang Gara-gara Ini

Tujuan utama dari perjalanan luar angkasa ini adalah untuk menguji ketahanan seragam baru SpaceX yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan milik Elon Musk tersebut untuk digunakan berbagai misi di luar angkasa ke depannya.

"Anda tidak akan tahu, suatu hari nanti, akan ada seseorang memakainya (serangam baru SpaceX) dan jalan-jalan di Mars. Saya dan tiga kru lainnya sangat terhormat punya kesempatan untuk menguji seragam ini," jelas Isaacman.

Sebagai informasi, setelah beberapa kali mengalami penundaan, misi lima hari Polaris Dawn SpaceX yang membawa empat kru sipil dengan Kapsul Crew Dragon akhirnya meluncur ke orbit Bumi pada Selasa, 10 September 2024 waktu Amerika Serikat (AS).

Kapsul tersebut mencapai orbit sekitar sembilan setengah menit kemudian. Crew Dragon terpisah dari batang penyangganya tiga menit setelah itu, dengan kamera di dalam pesawat yang memperlihatkan pemandangan kapsul yang spektakuler di atas Bumi yang disinari Matahari.

Peluncuran SpaceX.

3 Kali Polaris Dawn SpaceX Gagal Terbang

Misi astronot Polaris Dawn yang bersejarah milik SpaceX ditunda lagi penerbangannya ke luar angkasa.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2024