Kejar Target Talenta Digital

Talenta digital.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong pentingnya peningkatan kapasitas talenta digital untuk merespons perkembangan dinamis teknologi.

Budi Arie: Transisi Pemerintahan di Era Jokowi Terbaik Sepanjang Sejarah RI

Peningkatan pengetahuan dan keterampilan (upskilling) serta pengembangan kembali keterampilan dan keahlian (reskilling) perlu dijalankan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dalam industri yang terus berkembang.

Menurut laporan Harvard Business Review pada 2023, pelaksanaan upskilling dan reskilling dapat mengurangi kesenjangan antara permintaan dan ketersediaan SDM dengan keahlian teknologi.

Soal Akun Fufufafa, Menkominfo Budi Arie: Itu Upaya Mengadu Domba

Artinya, talenta-talenta digital saat ini, antara lain, perlu menguasai kemampuan wirausaha digital, keamanan siber, ilmu data, pemrograman, komputasi, kecerdasan buatan (AI), dan Big Data.

Sementara itu, laporan Bank Dunia bersama McKinsey menyebutkan, sejak 2015 hingga 2030, Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital untuk menumbuhkan ekonomi digital.

Indodax Diduga Diretas, Budi Arie: Data Center yang Paling Aman Itu di RS Ibu dan Anak

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo pada 2024 menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan masif teknologi, Indonesia membutuhkan 12 juta talenta digital hingga 2030.

Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam acara peluncuran UMKM Level Up

Photo :

Cara mendongkrak jumlah talenta digital, satu di antaranya, mendukung pengembangan ekosistem perusahaan rintisan atau startup melalui NextHub Global Summit. Pertemuan ini diselenggarakan pada 23-25 September 2024 di Nusa Dua, Bali atas inisiasi Kemenkominfo bersama Nexticorn Foundation.

"NextHub Global Summit akan menjadi ajang pertemuan penting bagi 140 startup tahap awal hingga tahap lanjutan. Tidak berlebihan rasanya kalau saya bilang pertemuan ini akan menjadi the biggest startup matchmaking event in the region," kata Menkominfo Budi Arie Setiadi di Jakarta, Selasa, 10 September 2024.

Sementara itu, Pemimpin Nexticorn Foundation Rudiantara mengemukakan pentingnya inisiatif untuk mendukung startup tahap awal hingga menengah serta memperkuat ekosistemnya. "Yang masih ingat dulu ada yang bilang seribu startup, sekarang jumlahnya semakin banyak, bahkan masuk ke later stage dari seribu startup," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya