Kesehatan Mental Bukan Hanya Mengatasi Masalah

Kesehatan mental.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Kesehatan mental adalah kondisi kesehatan yang berkaitan dengan aspek kejiwaan, psikis, dan emosional seseorang yang mencerminkan beberapa tingkat, seperti keseimbangan emosional, kemampuan mengatasi tekanan, dan kualitas hubungan interpersonal.

Karyawan Dipaksa Kerja sampai Subuh, Ayah Tega Bakar Anaknya Sendiri

Kesehatan mental penting bagi setiap orang dalam menjalani fungsinya dalam kehidupan, khususnya di lingkungan kerja.

Hal ini menjadi perhatian Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkomitmen memprioritaskan kesehatan mental seluruh karyawan pelat merah di seluruh Indonesia.

Viral! Seorang Karyawan Diminta Tampar Diri Sendiri dan Jedotkan Kepala ke Tembok oleh Bosnya

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menekankan pentingnya kesehatan mental sebagai bagian integral dari kesejahteraan karyawan untuk bisa terus berjuang di setiap tantangan yang dihadapi dalam dunia kerja.

"Sebelum jatuh lebih jauh dibutuhkan kebangkitan dan pemulihan agar tidak terpuruk habis. Banyak karyawan yang mengambil satu kesempatan dan melepas kesempatan lain tanpa mengetahui potensi dan keinginan mereka, sehingga ketika gagal mereka terpuruk dan depresi," kata dia.

Polisi Sebut Perusahaan Animasi di Jakpus Punya 80 Karyawan, Disuruh Kerja Sampai Subuh

Untuk itu digelar 'Kegiatan 1000 Manusia Bercerita' sebagai langkah penting untuk mendorong dialog terbuka dan mendukung karyawan dalam mengatasi tantangan emosional dan kebingungan yang mungkin mereka hadapi.

"Kami berharap seluruh karyawan BUMN dapat mengespresikan emosi dan mengulik jati diri untuk dapat memilih dan memastikan setiap kesempatan yang diambil. Kesehatan mental bukan hanya tentang mengatasi masalah, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan secara menyeluruh," jelasnya.

Komitmen ini diwujudkan melalui pelaksanaan roadshow 'Kegiatan 1000 Manusia Bercerita' yang kali ini diselenggarakan di Medan, Sumatra Utara. Acara yang dihadiri oleh 300 peserta ini melibatkan karyawan milenial dan influencer BUMN wilayah Sumatra Utara.

Kegiatan ini juga menempatkan Sumatra Utara sebagai lokasi penyelenggaraan ke-8, terwujud berkat kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan platform Menjadi Manusia, didukung oleh Holding PTPN III, Inalum, PNM, dan juga Pelindo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya