3 Manfaat Diraih dari Transformasi Digital

Transformasi digital.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, VIVA – Digitalisasi telah menjadi hal penting dalam mendukung kemajuan perusahaan, tak terkecuali asuransi.

16 Aplikasi untuk Tingkatkan Skill, Cari Kerja Jadi Mudah

Dengan menerapkan teknologi digital dalam proses klaim, manajemen polis dan layanan pelanggan, industri ini dapat mengoptimalkan efisiensi operasional perusahaan lebih substansial.

Perkembangan aplikasi digital, yang merupakan salah satu pemanfaatan teknologi, mengubah cara nasabah mengakses layanan asuransi.

Aplikasi Canggih Membuat Liburan Jadi Lebih Murah dan Praktis

Keberadaannya tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pelanggan tetapi juga membantu perusahaan untuk memperluas pangsa pasar dengan lebih efektif.

Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa kinerja transaksi ekonomi dan keuangan digital tetap tumbuh kuat lantaran didukung oleh sistem pembayaran yang aman, lancar, dan andal.

Pemasaran Basis Data hingga AI Bisa Hanya Bisa Selamatkan Bisnis di Era Digital, Ini Penjelasannya

Pada Juni 2024, nilai transaksi uang elektronik meningkat 35,24 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp92,79 triliun dan nilai transaksi digital banking tumbuh sebesar 10,82 persen (yoy) menjadi Rp5.570,49 triliun.

Teknologi digital.

Photo :
  • dynamicCIO.com

Teknologi digital.

Photo :
Direktur Utama BRI Life Aris Hartanto mengaku fokus dalam pemanfaatan digital dengan terus melakukan inovasi dan mengoptimalisasi teknologi guna menunjang proses bisnis perusahaan, yang di antaranya menggunakan aplikasi dalam memberikan pelayanan.

"Dari sisi inovasi digital, kami terus mengembangkan layanan untuk mempermudah nasabah sesuai regulasi. Kami juga bersinergi dengan BRI melalui aplikasi BRImo meluncurkan produk Life Care & ACCI Care," ungkap dia.

Inovasi selanjutnya, kata Aris, dari sisi layanan dimana mayoritas nasabah sudah digitally on board.

Dengan transformasi digital, BRI Life mendapatkan tiga manfaat, yakni menjangkau nasabah yang berada jauh dari pusat kota, proses pelaksanaan dan biaya yang lebih efisien, dan customer experience.

"Nasabah dapat menikmati layanan asuransi mulai dari mendapatkan informasi yang dibutuhkan, kemudahan pembelian produk, harga yang bersaing, serta kemudahan pengurusan klaim. Ini semua akan meningkatkan kepuasan mereka," jelas Aris.

Atas perubahan tersebut, BRI Life menerima penghargaan sebagai 'Best Digital Finance 2024 for Providing Optimum Solutions through Digital Service Innovation' untuk Kategori 'Life Insurance' yang digelar Warta Ekonomi.

"Penghargaan ini tentunya juga merupakan booster bagi kami untuk terus berkarya dan produktif dalam berkinerja dalam upaya untuk terus memberikan kontribusi positif bagi Indonesia," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya