3 Kali Polaris Dawn SpaceX Gagal Terbang

Peluncuran SpaceX.
Sumber :
  • NASA

Jakarta, VIVA – Polaris Dawn awalnya dijadwalkan untuk diluncurkan Senin, 26 Agustus 2024, dari Kennedy Space Center milik NASA di Florida, Amerika Serikat (AS), tetapi SpaceX menundanya sehari untuk melakukan pemeriksaan prapenerbangan lebih lanjut.

Misi Bersejarah SpaceX akan Dimulai

Perusahaan tersebut kemudian membatalkan rencana peluncuran pada Selasa, 27 Agustus 2024 setelah mendeteksi kebocoran helium, dan menargetkan peluncurannya Rabu, 28 Agustus 2024. Namun, kini cuaca buruk telah menggagalkan rencana tersebut.

"Karena cuaca yang tidak mendukung diperkirakan terjadi di area pendaratan Dragon di lepas pantai Florida, maka kami menunda (kembali) peluncuran Falcon 9 Polaris Dawn. Saat ini, tim terus memantau kondisi cuaca 'yang aman' untuk peluncuran maupun pendaratan," demikian pengumuman resmi SpaceX, seperti dikutip dari situs Space, Kamis, 29 Agustus 2024.

Barry dan Sunita Pulang Jelang Hari Valentine

Polaris Dawn akan mengirim empat warga sipil ke orbit Bumi dalam kapsul SpaceX Crew Dragon dengan salah satu Roket Falcon 9 milik SpaceX.

Keempat awaknya adalah Jared Isaacman, Scott "Kidd" Poteet, dan spesialis misi Sarah Gillis serta Anna Menon.

Langit Jadi Lebih Terang Gara-gara Ini

Kendati demikian, SpaceX mengumumkan bahwa 30 Agustus 2024 siap meluncurkan Polaris Dawn yang akan menghabiskan waktu sekitar lima hari mengitari Bumi.

SpaceX.

Siap-siap Jadi Saksi Bersejarah Siang Ini

Siap-siap menjadi saksi bersejarah. Empat kru sipil sebentar lagi akan melakukan perjalanan di ruang hampa di luar angkasa atau 'spacewalk'.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024