Misi Bersejarah SpaceX akan Dimulai

SpaceX.
Sumber :
  • twitter.com/SpaceX

Florida, VIVA – SpaceX milik Elon Musk siap mengirim 4 warga sipil ke luar angkasa pada Rabu, 28 Agustus 2024 waktu setempat. Hal ini menandai babak baru dalam eksplorasi ruang angkasa dengan perjalanan ke luar Bumi pertama yang bersejarah.

Siap-siap Jadi Saksi Bersejarah Siang Ini

Misi Polaris Dawn, yang diorganisasi oleh miliarder Jared Isaacman, menargetkan lepas landas dari Pusat Antariksa Kennedy milik NASA di Florida, Amerika Serikat (AS) pada pukul 03:38 pagi waktu setempat.

Berada di atas Roket Falcon 9, kapsul SpaceX Dragon akan mencapai ketinggian puncak 870 mil (1.400 kilometer) – lebih tinggi daripada misi berawak mana pun dalam lebih dari setengah abad, sejak era Apollo.

Elon Musk Diramal Jadi Triliuner Pertama di Dunia pada 2027 Disusul Prajogo Pangestu

Komandan Misi Jared Isaacman akan memandu timnya bersama pilot misi Scott Poteet (pensiunan AU AS), Sarah Gillis dan Anna Menon (keduanya sebagai perwakilan dari SpaceX).

"Kami menggunakan jubah ekstravehicular (EVA) SpaceX yang ramping dan baru dikembangkan. Ini akan menjadi misi yang sangat mengasyikkan. Idenya adalah untuk mengembangkan dan menguji teknologi serta operasi baru sebagai bagian dari misi ke Mars," jelas Isaacman, seperti dikutip dari situs Sciencealert, Rabu, 28 Agustus 2024.

Terbongkar, Ini Penyebab Pabrikan Mobil Listrik Tesla Ogah Investasi di Indonesia

Meski begitu, ia menolak mengungkapkan total investasinya dalam proyek tersebut, kendati sebuah laporan menunjukkan kalau dirinya harus membayar sekitar US$200 juta (Rp3,1 triliun) untuk misi SpaceX Inspiration4 pada September 2021, misi orbit sipil pertama.

Setelah enam hari di luar angkasa, misi tersebut akan diakhiri dengan pendaratan di lepas pantai Florida, AS tempat kapal pemulihan SpaceX akan menunggu.

Misi Polaris Dawn kedua juga akan memanfaatkan kapsul SpaceX Dragon, sementara misi ketiga dan terakhir dijadwalkan menjadi penerbangan berawak perdana Starship, prototipe roket generasi berikutnya milik SpaceX yang merupakan kunci bagi Elon Musk untuk menjelajah Mars.

Prajogo Pangestu.

Prajogo Pangestu Punya Harta Rp1.218 Triliun, Lampaui Elon Musk

Prajogo Pangestu diramal akan memiliki harta mencapai satu triliun dolar AS pada 2028. Menariknya, tingkat pertumbuhan kekayaan Bos Barito Pacific itu melebihi Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024