Transformasi Komunikasi Bisnis Lewat WhatsApp

WhatsApp Business Summit 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – WhatsApp Business Summit (WABS) 2024 digelar di Indonesia. Event tahunan yang diklaim menjadi titik penting transformasi digital dalam konteks komunikasi bisnis ini dihadiri oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), perusahaan besar, serta pengembang aplikasi.

Jurus Mercy Corps Indonesia dan Nikel Perluas Akses Kredit Bagi Pelaku UMKM Perempuan

WhatsApp memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan serangkaian fitur baru yang dirancang guna membantu bisnis meningkatkan kehadiran online, menciptakan pengalaman percakapan yang lebih baik, serta mempererat hubungan dengan pelanggan demi mencapai kesuksesan.

Indonesia kini memimpin dalam tren perpesanan bisnis, dengan hampir 90 persen orang dewasa pengguna internet di Tanah Air rutin berkomunikasi dengan bisnis melalui pesan setidaknya sekali dalam satu minggu.

5 Pertimbangan Mending Bisnis Toko Sembako Atau Pekerja Kantoran

Angka tersebut menunjukkan peran WhatsApp dalam menjembatani komunikasi antara bisnis dan konsumen di Indonesia, yang jauh melampaui rata-rata global sebesar 79,4 persen.

Ekonom Beberkan Penerapan Ideal ESG di Bisnis Perbankan

WhatsApp.

Photo :
  • Unsplash

WhatsApp.

Photo :
Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian Sutiono menekankan bahwa perpesanan telah menjadi kunci utama dalam interaksi bisnis di Indonesia.

"Mengingat 87 persen konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis, maka penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam berinteraksi dengan konsumen modern,” ungkap dia.

Fitur baru WhatsApp bisnis

Photo :
  • Istimewa

Fitur baru WhatsApp bisnis

Photo :
WhatsApp juga mengumumkan beberapa fitur baru yang dirancang untuk memudahkan operasional bisnis.

Fitur pertama adalah Verifikasi Meta untuk WhatsApp, yang setelah diperkenalkan di Indonesia pada Juni lalu, kini tersedia bagi UKM yang memenuhi syarat melalui aplikasi WhatsApp Business.

Dengan adanya lencana terverifikasi, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis meningkat, memungkinkan bisnis untuk menunjukkan kredibilitasnya.

Selain itu, fitur ini juga menyediakan dukungan akun tingkat lanjut serta akses multi-perangkat, yang mempermudah pengelolaan komunikasi bisnis.

Selanjutnya, WhatsApp sedang menguji fitur Panggilan Langsung dalam Chat, yang memungkinkan pelanggan melakukan panggilan langsung ke bisnis melalui aplikasi WhatsApp.

Fitur ini diharapkan mempermudah dan mempercepat komunikasi antara bisnis dan pelanggan, menciptakan pengalaman yang lebih efisien dan nyaman.

WhatsApp juga memperkenalkan Meta AI untuk WhatsApp Business, sebuah teknologi AI yang mulai diterapkan untuk membantu bisnis meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan membuat iklan tanpa biaya tambahan.

Teknologi ini diharapkan dapat menyempurnakan proses interaksi antara bisnis dan pelanggan, serta memperluas jangkauan layanan pelanggan di berbagai platform digital.

Perpesanan bisnis telah menjadi bagian integral dari operasional sehari-hari di Indonesia. Survei yang dilakukan Meta bersama Boston Consulting Group (BCG) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen bisnis di Indonesia kini menggunakan perpesanan dalam setiap tahap perjalanan pelanggan.

Mulai dari interaksi awal hingga pembelian dan layanan purna jual. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi yang cepat, efisien, dan terpercaya melalui platform seperti WhatsApp menjadi kunci kesuksesan bisnis di era digital.

Ekosistem WhatsApp bisnis mencakup berbagai solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, dari UKM hingga perusahaan besar.

Dengan fitur-fitur seperti WhatsApp Business App dan WhatsApp Business Platform, bisnis dapat menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efektif, sambil memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan operasi mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya