Indosat Resmikan Al Experience Center Pertama di Indonesia

Peresemian IA Experience Center Pertama di Indonesia yang berlokasi di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 20 Agustus 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meluncurkan AI Experience Center pertama di Indonesia yang berlokasi di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 20 Agustus 2024.

Mencetak 1 Juta Ahli Siber Indonesia

Rencana pendirian AI Experience Center itu telah digagas oleh Gibran Rakabuming Raka ketika menjabat Wali Kota Solo sejak tahun lalu.

AI Experience Center yang didirikan IOH ini menempati salah satu ruangan di Solo Technopark. Peresemian dihadiri Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indonest Ooredoo Hutchsison Vikram Sinha.

Indosat Tawarkan GPU Merdeka ke Sektor Perbankan Indonesia

Selaian itu acara peresmian tersebut  juga dihadiri Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Wijaya Kusumawardhana, serta Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara X.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Wijaya Kusumawardhana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indosat karens sebagai pionir dalam menghadirkan AI Experience Center yang pertama di Indonesia. Inisiatif untuk mendirukan pusat AI di Solo Technopark itu merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi.

Cara Indosat Dorong Pengembangan AI Akselerasi Sektor Keuangan RI

“Kami percaya bahwa experience center uni akan menjadi katalisatir inovasi di berbagai sektor dan kami secara penuh me dukung kesuksesannya,” kata dia.

Sementara itu, Vikram mengatakan AI Experience Center ini menjadi penanda penting dalam perjalanan perusahaan telekomunikasi ini dalam memberdayakan Indonesia melalui AI.

Hal ini mempertegas komitmen perusahaan  dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia.

“Kami mengapresiasi dukungan dari pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memikiki kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global. ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lain dalam membuka peluang tanpa batas bagi jutaan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Wali Kota Solo Teguh Prakosa merasa terhormat dengan dipilihnya Solo oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center Pertama di Indonesia. “Ini suatu kemajuan teknologi di Indonesia karena baru ada di Kota Surakarta (Solo),” tutur dia.

Indosat menggandeng perusahaan teknologi global seperti Huawei untuk AI Experience Center untuk memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikamn di berbagai sektor, termasuk smart city management yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif.

Tidak hanya untuk menunjukkan inovasi terkini daei AI, experience center ini juga akan berfu gsi menjadi pusat pelatihan yang menawarkaj program bagi pelajar, ASN, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya