Sebentar Lagi Akan Ada Penampakan Besar pada Dini Hari

Fenomena Blue Moon.
Sumber :
  • http://altovart.blogspot.com/2014/05/fenomena-blue-moon-bukan-hanya-nama.html

Jakarta, VIVA – Sebentar lagi akan ada penampakan besar pada Senin dini hari ini, 19 Agustus 2024. Sebab, akan muncul Blue Moon atau Bulan Purnama Biru.

Tanduk Rusa Akan Muncul Jelang Maghrib Nanti

Bulan dengan lingkaran sempurna berukuran besar itu menyapa warga Bumi pada pukul 01.26 WIB. Meskipun namanya Blue Moon, bukan berarti warnanya akan menjadi biru.

Bulan Biru adalah istilah untuk menyebut Bulan Purnama kedua dalam satu bulan kalender Masehi. Namun, apabila dilihat ukuran, maka Bulan Purnama Biru akan tampak lebih besar dari Bulan biasanya.

Siap-siap Menatap Langit Malam Ini

Blue Moon bisa disaksikan di Indonesia dalam beberapa jam lagi. Rata-rata, Bulan Purnama Biru terjadi setiap 33 bulan sekali, 41 kali per abad, atau sekitar tujuh kali setiap 19 tahun.

Mengenal Wolf Moon yang Begitu Menakjubkan

Fenomena Blue Moon

Photo :
  • Livescience | CREDIT: HarveNYC

Fenomena Blue Moon

Photo :
Ada dua jenis Blue Moon, tetapi keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan warna biru. Pertama, Blue Moon musiman yang mengacu pada purnama ketiga dalam satu musim yang memiliki empat purnama.

Ini adalah definisi tradisional Blue Moon dan jenis yang akan dilihat pada 19 Agustus 2024. Kedua, Blue Moon yang muncul dari kesalahpahaman definisi aslinya, yakni hanya merujuk pada purnama kedua dalam satu bulan kalender.

Menurut Time and Date, saat ini konsep Blue Moon bulanan ini diterima sebagai definisi alternatif, bukan kesalahan. Kendati Blue Moon ‘secara resmi' terbit pada pukul 01.26 WIB Senin dini hari ini, 19 Agustus 2024, namun, fenomena tersebut akan tampak hampir purnama pada malam-malam setelahnya.

Olimpiade Paris 2024

Potret Momen Bulan Purnama Masuk Lingkaran Ring Olimpiade Paris 2024 di Menara Eiffel

Potret momen bulan purnama yang masuk lingkaran ring lambang Olimpiade Paris 2024 di Menara Eiffel sukses mencuri perhatian banyak mata dunia. Fenomena itu terjadi

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2024