200 Personel Kawal HUT ke-79 RI di IKN, tapi Bukan TNI/Polri

Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

IKN, VIVA – Dua ratus personel dikirim untuk mengawal upacara HUT ke-79 RI atau Republik Indonesia di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur, pada Sabtu hari ini, 17 Agustus 2024.

IKN Airport Set for Completion by End of 2024, Minister Says

Namun, personel tersebut bukan berasal dari unsur TNI/Polri, melainkan Telkom Indonesia. Sebagai informasi, TelkomGroup telah membangun dan menggelar infrastruktur jaringan di IKN sejak 2023.

TelkomGroup juga telah membentuk satuan tugas khusus yang bertanggung jawab untuk mengawal kesiapannya agar berjalan dengan lancar dan baik, termasuk penyiapan penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI.

Pramono Anung Sebut Sidang Kabinet Terakhir Bakal Digelar Jumat Ini di IKN

Untuk memastikan keandalan layanan dan infrastruktur yang dimiliki TelkomGroup, telah dilakukan dua kali uji coba (rehearsal test) dengan hasil yang baik.

Sekretariat Presiden: Istana di IKN Siap Ditempati Jokowi hingga Akhir Jabatan
Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko.

Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko.

Photo :
  • Dok. Telkom

Uji coba yang dilakukan meliputi pengujian transport dan service, pengujian power, pengujian jaringan Telkomsel, dan pengujian konektivitas.

"Kami menyiapkan infrastruktur baik di level akses, agregat, maupun backbone. Semuanya kita konfigurasikan dual homing dengan resilience tinggi. Sudah dilakukan pengujian melalui rehearsal test untuk memastikan link utama dan link backup berfungsi dengan baik," kata Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko.

Selain layanan dan infrastruktur, Telkom menurunkan 200 personel yang akan bertugas melakukan pengamanan dan memastikan seluruh personil dalam kondisi prima, serta siap untuk melakukan pengawalan 24/7 demi suksesnya gelaran acara HUT ke-79 RI.

Presiden Jokowi di IKN.

Penjelasan Istana Presiden Jokowi Berkantor di IKN Hingga Akhir Masa Jabatannya

Kepala Presidential Communication Officer, Hasan Nasbi menjelaskan, rencana Presiden Jokowi untuk bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kaltim, hingga akhir masa abatannya.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2024