Performa hingga Keamanan Aplikasi Perlu Disertifikasi

Ilustrasi aplikasi.
Sumber :
  • The APP Company

Jakarta, VIVA – Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Indonesia Software Testing Board (IDSTB) dalam memfasilitasi sertifikasi bagi para penguji perangkat lunak (software) di Indonesia.

Aplikasi Ini Tawarkan Perjalanan ke Keajaiban Alam

"Mereka (IDSTB) ada laboratorium yang terakreditasi untuk pengujian perangkat lunak, sedangkan kita lagi mengembangkan aplikasi. Jadi momennya pas," kata Sekretaris Utama BSN Donny Purnomo, Rabu, 14 Agustus 2024.

Ia juga mengatakan bahwa kehadiran IDSTB akan membantu pemerintah dalam mengembangkan aplikasi berkualitas dari sisi performa dan keamanan, karena infrastruktur mutu di lingkup digitalisasi sangat penting.

7 Aplikasi Keuangan untuk Bantu Bayar Cicilan Pinjol

Sebelum aplikasi diintegrasikan dengan sistem pemerintah, pengujian secara detail harus dilakukan pada performa hingga keamanannya.

"Tahap pertama, kita perlu fasilitasi para pelaku software tester dengan sertifikasi agar mereka bisa mendapat leveling (penyamarataan) yang sama," tutur Donny.

Ridwan Kamil Bakal Sediakan Aplikasi dan Mobil Curhat biar Anak Muda Jakarta Tak Stres

Sementara itu, Presiden IDSTB Aditya Mirza Bahari menyebut kerja sama dengan BSN sebagai sejarah baru.

"Nantinya kita akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memayungi semua pelaku profesional software tester di Indonesia," jelas dia.

Dengan menggandeng BSN, dirinya berharap para pelaku penguji perangkat lunak di Indonesia bisa lebih terfasilitasi dan dihargai.

Kerja sama BSN dan IDSTB juga diharapkan dapat mendukung upaya pemajuan pengujian perangkat lunak di Indonesia.

"Kita mengharapkan ekosistem software testing akan terjaga kualitasnya, dan ke depan, Indonesia yang siap menghadapi tantangan global," ungkap Aditya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya