Indonesia Belajar dari Malaysia soal Bisnis Data Center

Data center.
Sumber :
  • Matrix NAP Info

Jakarta, VIVA – Pemerintah berkomitmen untuk menyederhanakan perizinan serta melakukan evaluasi terhadap regulasi yang berlaku guna mendorong pertumbuhan investasi data center (pusat data) di Indonesia.

Obligor Marimutu Ditangkap Gegara Mau Kabur, Ketua Satgas BLBI: Utangnya Rp 31 Triliun

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan Indonesia belajar dari negara lain yang telah sukses menggaet investor untuk melakukan usaha di sektor pusat data, misalnya Malaysia.

"Mereka (Malaysia) melakukan banyak insentif yang juga sangat membuat investor tertarik untuk membangun data center," ujarnya, Jumat, 9 Agustus 2024.

Buron BLBI Marimutu Sinivasan Ditangkap saat Hendak Kabur ke Malaysia

Tidak hanya berkomitmen memberikan insentif, dari sisi kesiapan infrastruktur fisik, pemerintah juga berjanji untuk menyiapkan lahan hingga dukungan fasilitas air dan listrik ramah lingkungan dalam mendukung operasional pusat data.

Alasan menyediakan sumber daya yang ramah lingkungan untuk pusat data tersebut, menurut Budi Arie, sejalan dengan tren industri yang saat ini berkembang ke arah industri berkelanjutan.

Menhan Prabowo Temui Raja Malaysia, Ini yang Dibahas

"Kan, tuntutan ke depan nanti data center mengandalkan green energy, ramah lingkungan," jelas dia.

Ia optimistis pembangunan pusat data dari pihak swasta akan semakin meningkat di Indonesia karena jumlah penduduk serta perkembangan digitalisasinya masih sangat banyak yang bisa dikembangkan.

Hal itu menjadi nilai tambah bagi para investor karena potensi yang besar itu bisa memberikan kontribusi pertumbuhan bisnis apabila dikelola dengan baik.

"Kalau bisa semua yang berurusan dengan penduduk Indonesia, data center di Indonesia, supaya juga isu-isu kedaulatan data ini menjadi penting," papar Menkominfo.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Antoni Arif Priadi.

Kemenhub Resmi Bentuk Maritime Coordination Center, Ini Fungsinya

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan resmi membentuk Pusat Integrasi Data Maritime atau Maritime Coordination Center (MCC).

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024