Copenhill, Pabrik Limbah yang Memiliki Lereng Ski

Copenhill, pabrik limbah yang memiliki lereng ski.
Sumber :
  • Rasmus Hjortshøj

Kopenhagen, VIVA – Kota yang dikenal dengan desain ramah lingkungannya berhasil menciptakan sebuah landmark ikonik.

Mengejutkan, Ganda Campuran Denmark Mundur dari Olimpiade 2024

CopenHill atau Amager Bakke adalah sebuah pembangkit listrik yang mengubah limbah menjadi energi bersih kini menjadi daya tarik baru bagi warga dan wisatawan.

Tak hanya efisien dalam mengelola limbah, CopenHill juga dirancang sebagai ruang publik yang menarik dengan fasilitas rekreasi lengkap.

Keren! Musik Tradisi Tarawangsa Asal Sunda, Sukses Tur Eropa

Dibangun di atas lahan bekas industri, CopenHill memiliki desain yang futuristik dan mencolok. Atap bangunan ini disulap menjadi lereng ski buatan yang bisa dinikmati sepanjang tahun.

Kades di Wakatobi Yakin Jembatan yang Viral Dibenahi Bule Denmark Masih Layak 2 Tahun Lagi

Copenhill, Pabrik Limbah yang Memiliki Lereng Ski di Atasnya

Photo :
  • Rasmus Hjortshøj

Selain itu, terdapat juga dinding panjat setinggi 85 meter, jalur hiking dan taman hijau yang luas. Bangunannya yang terbuat dari batu bata aluminium besar-besar juga menjadikannya landmark baru di kota.

Bjarke Ingels, pendiri BIG yang merupakan firma arsitektur di balik proyek ini menjelaskan bahwa CopenHill adalah bukti bahwa infrastruktur yang berkelanjutan tidak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"CopenHill adalah ekspresi arsitektur mencolok dari sesuatu yang jika tidak demikian akan tetap tak terlihat: bahwa ia merupakan pembangkit listrik pengubah limbah menjadi energi terbersih di dunia," ujarnya dilansir dari situs Dezeen, Kamis, 8 Agustus 2024.

Bagaimana CopenHill Bekerja?

Copenhill, Pabrik Limbah yang Memiliki Lereng Ski di Atasnya

Photo :
  • Søren Aagaard

Di balik desainnya yang menarik, CopenHill memiliki teknologi canggih untuk mengolah limbah menjadi energi.

Setiap tahunnya, pembangkit listrik ini mampu mengubah 440 ribu ton limbah menjadi energi bersih yang cukup untuk memasok listrik dan pemanas bagi 150 ribu rumah.

Proses pembakaran limbah dilakukan dengan sangat efisien, sehingga emisi gas rumah kaca dapat diminimalisir.

Panjang lereng ski di CopenHill mencapai 400 meter, dengan ketinggian mencapai 90 meter. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas rekreasi lainnya seperti bar di atap, area cross-fit, dan jalur hiking yang menawarkan pemandangan kota yang indah.

CopenHill tidak hanya menjadi solusi bagi masalah pengelolaan limbah di Kopenhagen, Denmark, tetapi juga menjadi ruang publik.

Taman hijau di sekitar bangunan dirancang untuk menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Selain itu, CopenHill juga dilengkapi dengan pusat pendidikan yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya