5G Siap Mengudara di IKN

Penampakan Proyek Pembangunan Kawasan IKN dari Balkon Istana Garuda.
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

IKN, VIVA – Layanan 5G Indonesia genap 4 tahun mengudara. Teknologi generasi kelima ini secara komersial dimulai di Tanah Air pada 24 Maret 2021.

Jokowi Gelar Sidang Kabinet di IKN Jumat 13 September

Telkomsel telah menyiapkan dan menghadirkan 49 base transceiver station (BTS) 5G dan 4G di IKN, termasuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan wilayah pendukung lainnya.

Hal ini dalam upaya menyukseskan pelaksanaan HUT ke-79 RI (Republik Indonesia) yang akan berlangsung pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Kampanye Telkomsel Bukan Sekadar Slogan

Anak usaha Telkom Group itu juga memastikan konektivitas pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan mengoptimalkan jaringan di dua kota penyangga, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

Upaya ini mencakup 10 area khusus seperti bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, dan jalan utama yang menghubungkan kedua kota dengan IKN.

OIKN Minta Tambah Anggaran Rp27,8 Triliun, PKS: Rekor, Pertama Kali dalam Sejarah!

Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan sudah menyiapkan ketersediaan beragam produk dan layanan digital dengan menghadirkan pusat layanan pelanggan, termasuk booth di area kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan GraPARI Nusantara yang terletak di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Titik layanan pelanggan tersebut menyediakan berbagai layanan mulai dari pembelian paket data, pembelian voucher fisik, isi ulang pulsa, pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, pendaftaran baru pelanggan pascabayar (Halo), pembelian modem Orbit dan layanan IndiHome, hingga aktivasi jaringan 5G.

"Kami berharap dapat memberi pengalaman komunikasi yang lancar dan efisien dalam memenuhi kebutuhan digital seluruh pelanggan di IKN, sekaligus menunjukkan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan masa depan," kata Indra, melalui konferensi pers virtual, Selasa, 6 Agustus 2024.

Defile atlet saat pembukaan PON 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Defile Pembukaan PON 2024, Ada Kontingen Atlet IKN

Defile Pembukaan PON 2024, Ada Kontingen Atlet IKN

img_title
VIVA.co.id
10 September 2024