Langit Akan Sangat Gelap pada Hari Ini

Pemandangan langit di malam hari.
Sumber :
  • Space.com

Jakarta, VIVA – Agustus akan menjadi bulan yang menarik bagi para pecinta astronomi, seperti Bulan Baru (New Moon).

Awal September Disambut Bulan Baru

Untuk mengetahuinya, perlu menyimak pemaparan yang dirangkum VIVA Digital dari situs BRIN, Langit Selatan, dan Space.

Bulan Baru (New Moon) akan terjadi pada Minggu hari ini, 4 Agustus 2024. Fenomena ini terjadi ketika bayangan Bulan menghadap langsung ke Bumi, membuat langit menjadi sangat gelap.

Viral Momen Haru Anak Kecil Lihat Ayahnya yang Baru Meninggal di Atas Langit

Fenomena Bulan baru terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Pada posisi ini, sisi Bulan yang menghadap Bumi tidak terkena cahaya Matahari, sehingga Bulan tampak tidak terlihat atau gelap.

Fase ini menandai awal dari siklus Bulan yang berlangsung sekitar 29,5 hari. Pada saat Bulan Baru, kita tidak bisa melihat Bulan dari Bumi, kecuali saat terjadi gerhana Matahari, di mana Bulan menutupi sebagian atau seluruh Matahari.

Langit Jadi Lebih Terang Gara-gara Ini

Ini adalah waktu yang ideal untuk mengamati bintang, konstelasi, dan planet tanpa gangguan cahaya Bulan.

Fenomena tersebut memberikan kesempatan bagi para astronom amatir untuk melihat objek langit yang biasanya tersembunyi di balik cahaya Bulan.

Setelah New Moon, Bumi akan diperlihatkan Hujan Meteor Perseid yang dianggap sebagai hujan meteor terbaik tahun ini akan mencapai puncaknya antara 12 dan 13 Agustus 2024.

Pada puncaknya, hujan meteor ini dapat menampilkan lebih dari 100 meteor per jam. Perseid berasal dari sisa-sisa komet 109P/Swift-Tuttle, dan meteornya melintasi langit dengan kecepatan sekitar 59 km per detik.

Hujan meteor ini akan lebih mudah diamati karena bulan hanya akan menerangi langit sekitar 50 persen, sehingga memberikan kontras yang baik untuk melihat meteor yang jatuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya