Bukan Alasan Lagi UMKM 'Gaptek'

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi.
Sumber :
  • VIVA/Trisya Frida

Jakarta, VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan program UMKM Level-up memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengadopsi teknologi digital.

Jangan Anggap Remeh, Peran Perempuan Kelola UMKM Bisa Gerakan Ekonomi Nasional

“Program ini bertujuan mendorong pelaku UMKM agar lebih ekstensif dalam mengadopsi teknologi digital. Utamanya untuk memperluas akses pemasaran, meningkatkan efisiensi, daya saing dan inovasi, hingga meningkatkan nilai transaksi,” katanya di Jakarta, Jumat, 2 Agustus 2024.

Ia juga menjelaskan program yang diinisiasi Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kemenkominfo itu fokus pada peningkatan kapabilitas digital pelaku UMKM.

Dilindungi HAKI, UMKM Bisa Perluas Pasar hingga Tingkatkan Nilai Tambah Produk

Program ini juga sebagai akselerasi bisnis UMKM melalui berbagai lokakarya, pelatihan, dan program 1-on-1 antara pelatih bisnis dengan UMKM yang bertujuan untuk memperkuat rencana bisnisnya.

Menkominfo mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan peluncuran UMKM Level-up.

UMKM Omzet Rp100 Juta bisa Pakai Software Akuntansi Gratis

Budi Arie berharap segala ilmu dan jejaring yang didapatkan dalam acara tersebut dapat membantu UMKM dalam mengembangkan ekonomi nasional, berkontribusi positif bagi kemajuan Indonesia, terutama menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kemenkominfo melaksanakan dua program, yakni pendampingan UMKM Level-up dan Akselerasi Bisnis UMKM.

Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Hokky Situngkir mengatakan program pendampingan UMKM Level-up akan fokus kepada peningkatan kapabilitas digital UMKM di Indonesia.

Sedangkan, program akselerasi bisnis UMKM berfokus mengembangkan rencana bisnis UMKM yang didukung pemanfaatan teknologi digital.

Pada 2023, Kemenkominfo telah memfasilitasi wilayah Maluku Utara dan Papua. Tahun ini Program UMKM Level-up berlangsung di 19 kota dan kabupaten di Pulau Jawa, Bali dan Sumatra.

Sementara untuk Akselerasi Bisnis UMKM, mencakup lima kawasan di Pulau Jawa dan Bali. Menurutnya, kedua program tersebut dilaksanakan dengan menjunjung tinggi prinsip kolaborasi lintas pemangku kepentingan.

Tahun ini, Kemenkominfo melibatkan pelaku UMKM produsen di sektor makanan, minuman, fesyen, kerajinan tangan, dan kosmetik untuk bergabung dan mendapat pendampingan selama lima bulan secara online dan offline untuk mengembangkan bisnis.

“Program adopsi teknologi digital ini merupakan satu momen penting di mana kekayaan, keberagaman, dan kerajinan kita yang membanjiri sudut-sudut ruang digital. Kami optimistis melalui kolaborasi lintas pemangku kepentingan dapat bersama bergerak mewujudkan pelaku UMKM yang berdaya secara digital, kuat, dan makin maju," jelas Hokky Situngkir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya