Pasar Dunia Ritel Masih Luas

Ilustrasi ritel modern.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

Jakarta, VIVA – Industri ritel mengalami perubahan signifikan akibat transformasi digital yang berkembang pesat.

Bos Indosat Kasih Pesan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Kemampuan untuk menciptakan solusi khusus guna meningkatkan pengalaman konsumen secara optimal menjadi sangat dibutuhkan.

Kemudahan melalui berbagai layanan digital menjadi hal esensial bagi peritel modern.

Indosat Terkesima dengan Waterhub

Saat ini, peritel memiliki kekuatan untuk memanfaatkan wawasan berbasis data guna mendorong bisnis mereka lebih maju lagi, meningkatkan interaksi pelanggan, dan mengoptimalkan operasi melalui pengembangan yang didukung oleh data akurat.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), melalui Indosat Business, meluncurkan NEXTretail – solusi digital terintegrasi atau satu atap yang dirancang untuk mengoptimalkan pendapatan bisnis di bidang ritel, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi operasional di toko-toko mereka.

Duet Indosat dan Nokia Perluas 5G di Wilayah Terpencil

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan intelligent analytics, NEXTretail memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan pelanggan, personalisasi secara real-time, membuat program loyalitas pelanggan lebih tepat sasaran, serta memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Danny Buldansyah mengatakan dunia ritel terus berkembang secara dinamis, di mana ekspektasi pelanggan terus meningkat.

Solusi yang ditawarkan NEXTretail dirancang untuk menghadirkan transformasi digital yang nyata, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan kepuasan pelanggan.

"NEXTretail adalah komitmen kami dalam kemajuan industri ritel melalui inovasi teknologi terdepan,” kata dia.

Lantas, apa saja kelebihan NEXTretail?

Untuk mengatasi kepadatan yang sering terjadi dalam melayanani pelanggan, Chatbot berbasis AI Indosat menyediakan dukungan layanan pelanggan 24 jam selama 7 hari, menangani pertanyaan umum dengan cepat dan mengarahkan masalah yang lebih kompleks ke operator manusia bila diperlukan.

Hal ini mengurangi waktu respons hingga 50 persen, menurunkan biaya layanan pelanggan hingga 40 persen, dan meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 30 persen.

Solusi lainnya adalah Smart Cashier – sistem untuk mempercepat proses pembayaran, memastikan transaksi aman dan efisien.

Solusi ini mengurangi waktu pembayaran hingga 40 persen, meningkatkan efisiensi transaksi hingga 35 persen, dan mengurangi kesalahan manual hingga 30 persen.

NEXTretail juga menyediakan AI CCTV Surveillance yang menyediakan pengawasan waktu secara real-time dengan teknologi AI untuk deteksi anomali dan pencegahan pencurian serta penipuan.

Ilustrasi ritel modern.

UMP 2025 Naik 6,5 Persen, Pengusaha Ritel: Ini Berat tapi Harus Optimis

Pemerintah menetapkan kenaikan Upah Minimun Provinsi (UMP) 2025 sebesar 6,5 persen. Hal ini pun menimbulkan beragam reaksi terutama dari pengusaha. Salah satunya Asosiasi

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2024