Penampakan Planet Venus, Catat Waktunya

Planet Venus.
Sumber :
  • Vox

Jakarta, VIVA – Saat ini, planet Venus dapat dilihat di langit barat laut, meskipun posisinya sangat rendah di cakrawala setelah Matahari terbenam.

Bumi Akan Alami 25 Jam Sehari, Catat Waktunya

Jika ada penghalang seperti pepohonan atau bangunan, mungkin sulit untuk melihatnya. Namun, penampakan Venus ini akan menjadi lebih jelas dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

Pada 4 Juni 2024, Venus melewati konjungsi superior, yaitu ketika planet ini tampak berada tepat di belakang Matahari dari Bumi.

Manusia Bisa Berwisata ke Mars

Awalnya, Venus tersembunyi dalam kilauan matahari yang cerah. Namun, seiring berjalannya waktu, Venus mulai bergerak perlahan ke arah timur, menjauh dari Matahari.

Mendeteksi Alien Lewat Tenaga Surya

Ilustrasi venus.

Photo :
  • Pixabay

Ilustrasi venus.

Photo :
Sekarang, memasuki Agustus, Venus mulai muncul dari cahaya Matahari terbenam dan kembali menjadi Bintang Sore yang cemerlang, seperti dilansir dari Space.

Ini adalah kesempatan yang belum pernah ada sejak sekitar setahun lalu. Anda bisa mencoba melihatnya dengan menggunakan teropong beberapa menit setelah matahari terbenam di langit barat.

Venus akan berada sekitar 9 derajat di atas cakrawala saat Matahari terbenam, dan akan mencapai cakrawala sekitar 50 menit setelah Matahari terbenam. Artinya, memberikan waktu yang cukup bagi pengamat langit pemula untuk mendapatkan pandangan yang baik.

Planet Venus

Photo :
  • NASA

Selama Agustus pula, Venus akan terbenam di tengah waktu senja. Cobalah untuk mencarinya dengan teropong segera setelah Matahari terbenam, dan dengan mata telanjang sekitar 20 hingga 30 menit kemudian, tergantung pada kondisi langit dan area sekitar Anda.

Venus secara bertahap akan naik lebih tinggi setiap malam seiring berjalannya Bulan. Lalu, pada akhir Agustus, Anda bisa mencoba melihat Venus sekitar 30 atau 40 menit setelah Matahari terbenam.

Ada momen spesial pada 4 Agustus, di mana Anda mungkin bisa melihat Bintang Regulus yang kecil, sekitar satu derajat di sebelah kiri bawah Venus. Malam berikutnya, Regulus akan berada sekitar 1,5 derajat di bawah Venus.

Malam itu juga, Anda bisa melihat Bulan sabit yang sangat tipis, hanya 36 jam dari fase baru dan hanya 2 persen terang, di sebelah kanan atas Venus.

Anda mungkin membutuhkan teropong untuk melihatnya, dan Venus bisa menjadi panduan Anda untuk menemukan Bulan sabit yang tipis ini.

Di September mendatang, Venus akan menjadi lebih mudah terlihat, dan pada Oktober, Venus akan terlihat di langit barat daya. Kemudian, pada Hari Raya Natal, Venus akan terlihat sangat terang dan bisa dilihat sebelum Matahari terbenam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya