Indosat Lagi Siap-siap di Wilayah Khusus

Indosat Ooredoo Hutchison.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

IKN, VIVA – Status Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, adalah daerah atau wilayah khusus setingkat provinsi yang kemudian disebut otorita.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN Nusantara bahwa bentuk pemerintahan wilayah khusus ini akan dijalankan oleh badan otorita dan dipimpin oleh kepala otorita. Wilayah khusus IKN Nusantara seluas 256 ribu hektare.

Jelang HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sedang mempersiapkan penguatan infrastruktur jaringan serta ketersediaan produk dan layanan, tidak hanya IKN tapi juga kota penyangga seperti Balikpapan dan Samarinda, keduanya di Kalimantan Timur.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Director and Chief Technology Officer IOH Desmond Cheung mengaku siap mendukung kesiapan konektivitas di IKN melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama tahun ini.

Saat ini, Indosat telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84 persen, lalu kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44 persen.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Peningkatan kapasitas tersebut juga didukung oleh penguatan perangkat lunak (software) termutakhir yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Pengimplementasian teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS.

Pada infrastruktur jaringan, IOH telah menerapkan teknologi akses radio termutakhir yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi secara signifikan dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Bukan itu saja. Indosat juga menambah sejumlah mobile base transceiver station (MBTS) serta backbone fiber optik di wilayah IKN.

Lebih lanjut, IOH juga memiliki lebih dari 15 ribu BTS yang telah mencakup 89 persen populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100 persen populasi di Kota Samarinda.

Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat juga melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan seperti dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN.

"Ini semua untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi," kata Desmond Cheung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya