Menyambut Era Baru Facebook

Kantor pusat Facebook.
Sumber :
  • TIME

VIVA Tekno – Facebook baru-baru ini mengumumkan visinya menuju era baru yang berfokus pada pembangunan media sosial generasi berikutnya bagi pengguna dewasa muda dan pengembangan kemampuan kecerdasan buatan (AI) yang lebih canggih.

Denny JA Bentuk Forum Kreator Era AI, Ini Alasannya

Fokus ini sejalan dengan visinya sebagai tempat bagi orang-orang untuk melakukan social discovery, baik dalam skala besar maupun kecil.

Visi era ini tidak hanya melibatkan pemenuhan kebutuhan dan preferensi unik dari pengguna dewasa muda, tetapi juga bertujuan meningkatkan kemampuan produk inovatif berbasis teknologi AI.

IDCamp 2024 Siap Cetak Generasi Standard Industri

Selain itu, platform Facebook yang bersifat sosial membantu pengguna menemukan berbagai hal. Seiring dengan perubahan cara orang-orang melakukan eksplorasi, Facebook juga mengembangkan produk-produknya agar sesuai dengan perubahan tersebut.

"Ketika memikirkan visi untuk 20 tahun ke depan, kami (Facebook) fokus pada pembangunan media sosial generasi berikutnya untuk pengguna dewasa muda dan memusatkan upaya pengembangan kemampuan produk baru yang dimungkinkan oleh AI," kata Vice President of Facebook, Meta, Tom Alison.

Akun Kripto Dibobol dalam Sekejap? Ini Modus Terbaru Penipu yang bikin Merinding

Pengguna dewasa muda kerap mengalami transisi besar dalam hidupnya. Mulai dari pindah rumah, kuliah, hingga mendapatkan pekerjaan atau apartemen pertama.

Dalam upaya membangun generasi konsumen media sosial berikutnya, Facebook membuat berbagai perubahan signifikan berdasarkan perilaku pengguna muda.

Berikut 4 perubahan yang dilakukan Facebook bagi pengguna dewasa muda:

Memperluas kemampuan AI

Facebook melakukan pembaruan terhadap fitur Reels dan Feed agar dapat memberikan rekomendasi lebih efektif. Facebook menciptakan arsitektur model baru yang mampu memproses data dalam jumlah besar dengan sangat efisien serta mendorong peningkatan signifikan dalam uji coba Facebook Reels.

Selama satu tahun ke depan, teknologi rekomendasi canggih ini akan mendukung lebih banyak produk, termasuk seluruh ekosistem video dan rekomendasi Feed dalam platform.

Membangun salah satu model terbuka terbaik untuk AI generatif melalui model Llama juga menjadi salah satu rencana Facebook — dengan Facebook targetkan memiliki teknologi rekomendasi terbaik di dunia pada akhir 2026.

Peningkatan pada video

Facebook membuat pengalaman menjelajah dan terhubung menggunakan video yang sesuai dengan minat pengguna menjadi lebih mudah, baik itu untuk mengeksplorasi Reels, video berdurasi lebih panjang, atau konten Live.

Jumlah konten video terus berkembang di seluruh platform Facebook. Bahkan, tingkat konsumsi pengguna terkait konten video di Facebook dan Instagram kini mencapai lebih dari 60 persen dari total waktu aktivitas digital mereka. Reels tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan ini.

Facebook telah melakukan penyempurnaan terhadap video, termasuk dengan menghadirkan pemutar video layar penuh yang telah diperbarui dan fitur slider untuk melewati video dengan durasi lebih panjang.

Pemutar video ini sekarang tersedia secara global. Facebook juga mencatat adanya peningkatan dalam berbagi video secara pribadi—dengan pertumbuhan lebih dari 80 persen year-on-year. Pengguna kini dapat mengirimkan video dengan cepat kepada teman dan keluarga, baik Facebook maupun platform lain seperti WhatsApp.

Peluang bagi kreator

Facebook memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk menjadi kreator dan mendapatkan penghasilan di platform tersebut. Facebook memperkenalkan produk yang disederhanakan, yaitu  “Mode Profesional”, yang dirancang bagi orang-orang yang ingin membagikan kegiatannya secara publik dan meningkatkan jumlah pengikut.

Produk ini telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna aktif harian dalam waktu 18 bulan. Facebook juga telah mengembangkan Model Pembayaran untuk membayar kreator berdasarkan performa konten mereka di platform, menyederhanakan cara kreator mendapatkan penghasilan dan memperluas peluang monetisasi ke semua format, baik itu foto, video, maupun teks.

Grup Facebook

Facebook melihat adanya perkembangan yang pesat pada Grup, di mana lebih dari 1,8 miliar pengguna aktif di Grup Facebook setiap bulannya. Semakin banyak pengguna dewasa muda aktif di Grup, terlebih dengan hadirnya pilihan mengunggah secara anonim yang mereka gemari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya