Mau Menurunkan Berat Badan dan Tidur Berkualitas? Coba 6 Olahraga Ini

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Olahraga jadi hal yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berstamina. Setiap individu dapat memilih intensitas dan waktu untuk melakukan aktivitas fisik.

Komitmen Bangun Ekosistem Olahraga di Indonesia

U.S Department of Health and Human Services merekomendasikan olahraga selama setidaknya 150 menit per minggu.

Kesibukan tak bisa dijadikan alasan untuk tak berolahraga. Anda dapat melakukan olah tubuh di malam hari setelah pulang kantor.

Konsumsi Bawang Putih Sebelum Makan Siang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care dari University of Sydney menunjukkan seseorang yang melakukan olahraga malam (terhitung pukul 6 sore sampai tengah malam), memiliki risiko kematian usia muda maupun kematian karena gangguan jantung yang lebih rendah.

Studi lain mengungkap olahraga malam hari berkontribusi terhadap kesehatan pengidap obesitas. Olahraga malam jadi pilihan tepat bagi Anda yang tengah menjalankan program menurunkan berat badan untuk memperoleh tubuh langsing.

Tata Cara Lakukan Intermitten Fasting, Diet ala Marshanda yang Berhasil Pangkas BB 17 Kg

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan.

Photo :
  • Freepik: drobotdean

Tak hanya itu, melakukan aktivitas tubuh di malam hari membantu menurunkan tingkat stres dan mengatasi gangguan tidur. Anda akan merasa lebih rileks dan tidur dengan nyenyak. 

Mengutip Times of India, ada enam latihan di malam hari yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan sekaligus membuat tidur lebih berkualitas. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

1. Lari

Ilustrasi olahraga lari.

Photo :
  • Freepik

Lari pada sore atau malam hari dinilai dapat menenangkan dan membantu menjernihkan pikiran. Artinya tingkat stres menurunkan yang berkorelasi dengan kondisi tubuh yang lebih siap untuk beristirahat dengan nyaman. 

Lari juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, lari dinilai efektif membakar banyak kalori sehingga mampu memangkas massa tubuh lebih efektif.

2. Latihan Interval

High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan jenis latihan intens yang berlangsung dalam durasi singkat tetapi mampu membakar banyak kalori. Latihan HIIT sangat efektif meningkatkan metabolisme tubuh. 

Sebuah penelitian menunjukkan latihan interval selama tiga menit di malam hari memberikan manfaat luar biasa untuk menurunkan berat badan dan menjaga kondisi kebugaran. 

3. Latihan Penguatan

Strength training atau latihan kekuatan juga dapat dilakukan pada malam hari setelah menyelesaikan aktivitas dari pagi sampai sore. Gerakan workout ini seperti push-up, angkat beban, squat, lunge, dan lainnya. Disarankan tidak melakukan aktivitas fisik mendekati waktu tidur.

4. Yoga

Ilustrasi Yoga

Photo :
  • vstory

Tujuan melakukan yoga di malam hari sama seperti melakukannya di pagi hari, yakni meningkatkan fleksibilitas dan membakar kalori. Kelebihan yoga di malam hari adalah berperan meningkatan kualitas tidur. Yoga membantu melepaskan stres sehingga mempersiapkan tubuh dan pikiran lebih siap untuk beristirahat dengan baik.

5. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan sekaligus menjadi cara mengembalikan kondisi tubuh imbas gaya hidup yang malas bergerak alias mager). Anda dapat bersepeda di sekitar lingkungan tempat tinggal atau bersepeda statis di gym. Dengan bersepeda jadi cara bagu untuk memperkuat tubuh bagian bawah.

6. Berenang

Berenang jadi pilihan tepat bagi Anda yang tak ingin membebani sendi atau otot. Berenang tak hanya membantu membakar lemak jahat dalam tubuh, tetapi juga memberikan efek mediatif. Pasalnya, berenang dapat melepaskan stres dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya