Kemenkominfo Tunggu Perintah untuk Pindah ke IKN

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Usman Kansong mengaku terus mengikuti perkembangan jadwal yang menyesuaikan situasi di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara untuk nantinya dapat bertugas di tempat dinas baru tersebut.

Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

"Jadi begini. Kepindahan para ASN (aparatur sipil negara) ke sana (IKN) sudah ada jadwalnya. Tapi memang (jadwalnya) bisa berubah-ubah sesuai kondisi. Kita tinggal ikuti saja," kata dia di Jakarta, Jumat, 26 Juli 2024.

Menurut Usman, jika mengikuti jadwal yang telah ditentukan di awal, seharusnya sudah ada ASN dari Kemenkominfo yang pindah dan bertugas di IKN.

Jokowi Jelaskan Alasan Tunda Pemindahan ASN ke IKN

Ada pun hal itu merujuk pada Direktorat Jenderal Pengendalian Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kemenkominfo yang seharusnya mulai bertugas di IKN mulai bulan ini.

Namun, pada kenyataannya perpindahan ASN belum dilakukan karena situasi pembangunan IKN masih berlangsung dan belum siap untuk digunakan bertugas.

Penjelasan Pramono Anung Soal Pengunduran Dirinya Resmi 22 September Sebab Ada Sidkab di IKN

Apabila melihat kondisi saat ini, Usman menyebutkan aktivitas yang saat ini mulai dilakukan di IKN masih fokus persiapan perayaan HUT ke-69 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

Hal itu tentu berbeda dengan persiapan ASN yang sepenuhnya untuk pindah dan bertugas di IKN, maka dari itu perpindahan ASN Kemenkominfo pun masih harus melihat situasi pembangunan dan jadwal yang disiapkan oleh Pemerintah Pusat.

Sebelumnya, pada April 2024, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa kementeriannya menjadi salah satu lembaga terpilih untuk melakukan pemindahan ASN ke IKN dalam gelombang pertama yang harusnya terjadi di Juli 2024.

Ia mengatakan salah satu orang yang dipastikan mulai berkantor di IKN dari Kemenkominfo adalah Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kemenkominfo Wayan Tony Supriyanto untuk memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi di IKN.

Logo PON XXI Tahun Aceh-Sumut.(istimewa/VIVA)

Pemprov Aceh Terapkan WFH Bagi ASN dan Siswa Selama PON 2024

Pemprov Aceh Terapkan WFH Bagi ASN dan Siswa Selama PON 2024

img_title
VIVA.co.id
7 September 2024