Duet Indosat dan Garuda Ingin Merevolusi Sektor Penerbangan serta Pariwisata Indonesia

Kantor Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).
Sumber :
  • Dok. IOH

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Garuda Indonesia (GIAA) memperkuat misi kolaborasi strategis dalam pemanfaatan inovasi dan solusi teknologi terkini untuk merevolusi sektor penerbangan dan pariwisata di Tanah Air.

Ada Peluang Emas dari UiPath dan Indosat untuk Talenta Digital Indonesia

Kolaborasi yang bertujuan untuk mendorong akselerasi dua sektor ini turut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Inisiatif yang dibentuk dari kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong langkah transformasi digital dalam kualitas layanan di sektor penerbangan dan pariwisata melalui pemanfaatan teknologi termutakhir.

Menparekraf Paparkan Kinerja Pariwisata RI: Ranking 22 Dunia hingga Juara 1 Destinasi Halal

Garuda Indonesia akan menjajaki penerapan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas operasional termasuk dalam upaya untuk optimalisasi layanan penerbangan, peningkatan potensi ancillary revenue, serta personalisasi pengalaman penumpang.

Langkah strategis ke depannya diharapkan tidak hanya akan memberikan nilai tambah bagi Garuda Indonesia dan pelanggannya, namun, juga memposisikan IOH sebagai pelopor integrasi teknologi termutakhir di industri ini.

Jokowi Sahkan BSD dan Batam Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Dari sisi operasional, inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi layanan penerbangan melalui pendekatan digitalisasi dalam berbagai touch point operasional penerbangan.

Tak hanya itu, untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan, penerapan teknologi termutakhir akan terus dikembangkan guna membantu untuk menyediakan perencanaan perjalanan yang semakin seamless bagi penumpang.

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menekankan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan setiap sektor industri.

Kerja sama strategis tersebut penting dalam pemanfaatan teknologi untuk mengubah sektor penerbangan dan pariwisata Indonesia.

"Kolaborasi ini juga meningkatkan pengalaman dan mendorong pertumbuhan inklusif, serta selaras dengan tujuan kami dalam memberdayakan setiap masyarakat Indonesia," kata dia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan jika kemitraan ini menandai momen penting bagi sektor penerbangan dan pariwisata Indonesia.

Dengan memanfaatkan teknologi termutakhir, Indonesia tidak hanya meningkatkan pengalaman wisatawan tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru yang akan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Kolaborasi ini menetapkan standar global untuk integrasi teknologi di sektor penerbangan dan pariwisata untuk membawa Indonesia sebagai tujuan utama di panggung dunia," jelasnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra berharap kemitraan ini dapat mendukung transformasi digital industri pariwisata maupun sektor penerbangan.

"Selama lebih dari 7 dekade, kami terus menjalankan mandat sebagai salah satu garda terdepan untuk menjembatani kebutuhan transportasi udara yang aman dan nyaman," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya