LG Electronics Perkuat Pasar di Indonesia Lewat R&D

Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) LG Electronics Indonesia di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Trisya Frida

VIVA Tekno – LG Electronics terus memperkuat posisinya di pasar Indonesia melalui pusat penelitian dan pengembangan (R&D).

Sosok Amich Alhumami Dinilai Layak Mengabdi di Sektor Pendidikan Nasional

Beroperasi sejak tahun lalu, fasilitas ini berstandar global dan berlokasi di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, dengan luas 40 ribu meter persegi.

Pusat R&D ini memainkan peran penting dalam pengembangan inovasi terbaru LG, khususnya TV untuk pasar global.

Inovasi Baru dari Jerman Hadir di IIPE 2024

Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D)

Produk Nasabah PNM Mekaar Laris Manis di Tokyo Gift Show 2024
Lee Soyeoun, Presiden LGE R&D Lab Indonesia

Lee Soyeoun, Presiden LGE R&D Lab Indonesia

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Pusat R&D LG Electronics di Indonesia tidak hanya fokus pada pengembangan produk tetapi juga melakukan berbagai pengujian ekstrem seperti ketahanan terhadap kelembapan, panas, getaran, dan jatuh saat produk masih dalam kemasan.

Semua pengujian ini bertujuan meningkatkan ketahanan produk saat dikirim dan digunakan oleh konsumen.

Dengan adanya pusat R&D, maka LG Electronics di Indonesia mampu melakukan operasi satu atap. Mulai dari pengembangan produk, produksi, pemasaran, penjualan, hingga layanan purna jual.

Hal ini menjadikan LG Electronics Indonesia sebagai perusahaan LG pertama di dunia yang mampu melakukan peran terintegrasi tersebut.

Komitmen terhadap Peningkatan SDM Lokal

Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) Indonesia di Cibitung

Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) Indonesia di Cibitung

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Lee Soyeoun, Presiden LGE R&D Lab Indonesia, menyatakan bahwa pusat R&D ini memperkuat posisi LG sebagai perusahaan yang berkomitmen tinggi terhadap Indonesia.

Mereka tidak hanya menyediakan produk berkualitas tinggi tetapi juga mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penyediaan lapangan kerja dan transfer pengetahuan serta inovasi.

"R&D ini memperkuat positioning LG sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap Indonesia melalui penyediaan produk berkualitas tinggi, mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi melalui penyediaan lapangan kerja dan transfer pengetahuan serta inovasi. Harapan kami ke depan, LG R&D di Indonesia bisa terus memberikan kontribusi yang lebih besar, tidak hanya bagi LG tetapi juga bagi masyarakat Indonesia,” kata dia.

LG Electronics telah mengirimkan 100 tenaga kerja lokal untuk pelatihan di Korea Selatan, mempersiapkan mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

Saat ini, R&D Indonesia memiliki sekitar 400 karyawan dan terus merekrut serta mengembangkan tenaga kerja melalui kemitraan dengan universitas terkemuka di Indonesia.

Kolaborasi dengan Lembaga Pendidikan

Untuk meningkatkan kualitas SDM masa depan, LG R&D di Indonesia sedang menjajaki program beasiswa, magang, sponsorship proyek, dan kolaborasi dengan lembaga pendidikan.

Langkah ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara industri dan akademisi serta membuka kesempatan yang lebih luas bagi generasi muda Indonesia untuk mendorong inovasi dalam pengembangan produk LG yang lebih adaptif terhadap kebutuhan pasar global.

Standar Operasional dan Keberlanjutan

LG R&D di Indonesia telah menerapkan standar tinggi dalam operasionalnya dan memperoleh tiga sertifikasi ISO terkait keamanan, kesehatan, lingkungan, dan energi: ISO 14001, ISO 45001, dan ISO 50001.

Komitmen ini menunjukkan bahwa LG menjalankan operasional yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu, LG R&D di Indonesia aktif dalam riset dan pengembangan produk terbaru seperti TV LG OLED G4 yang menggunakan 60 persen lebih sedikit plastik dibandingkan TV biasa, sehingga mendapat sertifikasi Ramah Lingkungan selama empat tahun berturut-turut.

Program ESG dan Masa Depan

LG R&D di Indonesia terus berupaya menjadi lebih berkelanjutan dengan mengikuti program ESG melalui LG LOVES Indonesia.

Program ini berfokus pada perlindungan lingkungan (LG Loves Green), pendidikan (LG Loves School), kesejahteraan masyarakat (LG Loves and Cares), dan perhatian pada perkembangan anak-anak Indonesia (LG Loves Children).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya