Peringati Hari Otak Sedunia, Simak 8 Jus Ampuh Cegah Pikun

Ilustrasi otak.
Sumber :
  • Times of India

Jakarta – World Brain Day atau Hari Otak Sedunia  diperingati setiap tanggal 22 Juli. Perayaan diinisiasi oleh Federasi Neurologi Dunia (WFN) yang berpusat di Brussel, Belgia.

Terpopuler: Jus Mentimun-Nanas Bikin Langsing hingga Maltodekstrin pada Susu Anak Disebut Berbahaya

Mengutip laman RRI, peringatan hari otak sedunia bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang kesehatan otak serta pendidikan mengenai gangguan neurologis. Harapannya setiap individu melakukan kebiasaan yang dapat menjaga fungsi kognitif.

Melansir website resmi WFN, hari otak sedunia pada 2024 mengusung tema kesehatan otak dan pencegahan (brain health and prevention).

Spesiesisme, Isu Moral yang Mendasari Hubungan Manusia dengan Hewan

WFN memimpin inisiatif ini bekerja sama mengadvokasi pentingnya kesehatan otak dan tindakan pencegahan.

WFN juga mengadakan seminar daring sebagai rangkaian peringatan hari otak sedunia 2024 dengan tajuk penerapan Rencana Aksi Global Antarsektoral  terhadap epilepsi dan gangguan neurologis lainnya.

8 Jus Buah Tinggi Kalsium, Rahasia Tulang Kuat di Usia 50-an

Salah satu yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah masalah neurologis dengan mengkonsumsi jus. Mengutip Health Shots, berikut daftar jus terbaik untuk kesehatan otak.

Jus Terbaik untuk Kesehatan Otak

Ilustrasi otak/pikiran.

Photo :
  • uniteunderfreedom.com

1. Jus Blueberry 

Blueberry kaya senyawa flavonoid yang disebut antosianin yang berkontribusi membantu meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, minum 1-2 gelas jus blueberry di pagi hari bermanfaat meningkatkan kinerja otak.

2. Jus Delima

buah delima

Photo :
  • inmagine

Pomegranate atau delima mengandung polifenol yang berperan jaga kesehatan otak.  Konsumsi 250 ml jus delima  hari dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Sebaiknya dikonsumsi di pagi hari atau sebelum melakukan aktivitas.

3. Jus Bit

Kandungan nitrat dalam bit juga berperan menjaga fungsi otak. Nitrat juga meningkatkan pelebaran pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah ke otak. Alhasil  fungsi kognitif jadi lebih baik. 

4. Jus Wortel

Jus wortel mengandung luteolin guna melindungi otak. Konsumsi minum satu cangkir jus wortel setiap hari dapat mendukung kesehatan kognitif. 

5. Jus Bayam

Ilustrasi bayam.

Photo :
  • Pixabay/kkolosov

Bayam mengandung antioksidan (lutein) berkontribusi membersihkan racun dari otak dan memperlambat penurunan kognitif alias pikun. Konsumsi jus bayam lebih ideal pada pagi hari. 

6. Jus Jeruk

Jeruk terkenal kaya akan vitamin C yang dapat melindungi otak akibat stres oksidatif. Seseorang dengan kadar vitamin C lebih tinggi dalam darahnya mempunyai daya ingat dan tingkat fokus lebih baik. Minum satu gelas setiap hari dapat meningkatkan kejernihan mental dan kesehatan otak secara keseluruhan.

7. Jus Kangkung

Kangkung tinggi antioksidan dan vitamin A dan C. Jus kangkung dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif. 

8. Jus Tomat

Tomat mengandung senyawa likopen yang bermanfaat melindungi sel otak dari kerusakan. Alhasil, segelas jus tomat setiap hari dapat mendukung kesehatan kognitif sehingga kesehatan otak terjaga optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya