Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Desa Lewat Teknologi

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Telkomsel memperkuat komitmen mendukung pembangunan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi lewat 'Baktiku Negeriku'.

Platform Marketing AI Pertama di Indonesia, KOL.ID Siap Dukung Perkembangan Profesi KOL di Indonesia

Program ini dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa melalui pemanfaatan teknologi dan solusi digital, sekaligus mengatasi degradasi lingkungan, perubahan iklim, kelangkaan pangan, hingga pengelolaan limbah.

Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono ingin merangsang pertumbuhan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup.

Dampak Buruk Perubahan Iklim bagi Lingkungan dan Manusia Makin Meningkat, Menurut WMO

"Partisipasi aktif masyarakat pedesaan dalam perencanaan dan pelaksanaan program ini diharapkan mampu menjadikan mereka agen perubahan dalam pembangunan pedesaan," kata dia.

Menurutnya, inisiatif ini juga terinspirasi dari semangat Indonesia untuk membangun desa dan membuka lebih banyak peluang meningkatkan kapabilitas dan kesejahteraan masyarakat hingga ke pelosok.

Intip Teknologi Canggih Terbaru di Dalam Rumah

"Dengan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, komunitas lokal, dan para ahli, kami yakin program ini bisa menjadi katalisator untuk menciptakan desa yang lebih mandiri, produktif, dan berkelanjutan," jelas Saki.

Program ini fokus kepada peningkatan potensi desa di sektor pariwisata, pertanian, peternakan, dan hortikultura, bekerja sama dengan Digital Food Ecosystem (DFE) Indico, para ahli, pemerintah setempat, bahkan karyawan Telkomsel juga dilibatkan.

Adapun rangkaian aktivitas program Baktiku Negeriku di lokasi mencakup pembangunan Digital Center Telkomsel, Homestay Baktiku Negeriku, pengadaan bibit padi japonica, penanaman pohon albasia sebagai hutan produksi rakyat, pembukaan demonstration plot pertanian organik, hingga sosialisasi aplikasi pengelolaan pertanian dan peternakan.

Ilustrasi perubahan iklim.

Kejar Target 'Net Zero Emission'

Kolaborasi lintas sektor sangat penting untuk memenuhi komitmen Indonesia dalam mencapai 'net zero emission' pada 2060, atau bahkan lebih cepat.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2024