Intip Kesiapan Telkom Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Lapangan tempat digelarnya upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur.
Sumber :
  • Instagram @ikn_id

VIVA Tekno – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah melaksanakan uji coba (rehearsal test) kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang meliputi pengujian transport dan layanan, pengujian power dan pengujian jaringan secara langsung atau live.

Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan gelaran infrastruktur telekomunikasi di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara dalam mendukung Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Wayan Toni Supriyanto mengapresiasi semangat dan dukungan Telkom untuk menghadirkan infrastrukur dan layanan telekomunikasi terbaik di IKN.

Jokowi Jelaskan Alasan Tunda Pemindahan ASN ke IKN

"Kami juga berharap Telkom dapat terus menjaga kualitas layanan telekomunikasi terutama menjelang HUT ke-79 RI mendatang dan kebutuhan layanan digital serta smart city ke depan," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Network and IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko berkomitmen membangun dan menggelar infrastruktur jaringan di IKN yang sudah dilakukan sejak 2023. "Ini bukan akhir, baru awal. Perjalanan kita masih panjang," ujarnya.

Penjelasan Pramono Anung Soal Pengunduran Dirinya Resmi 22 September Sebab Ada Sidkab di IKN

Secara umum, seluruh infrastruktur dan layanan TelkomGroup di IKN disiapkan dengan capacity, diversity, and cyber security yang terbaik dan prima.

Infrastruktur dan layanan tersebut meliputi jaringan berkapasitas 200 Gbps melalui 3 jalur (Batu Ampar, Sepaku & Labangka) yang terhubung ke 2 gateway internasional (Batam & Manado) dan 23 data center serta 1 Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang; 6 jalur in/out Kalimantan dengan landing points sistem kabel laut di 3 titik (Takisung, Sei Kakap dan Sangatta); backup Satelit Merah Putih di lokasi Telkom Smart Office (TSO); layanan seluler dengan 34 BTS Telkomsel yang dapat melayani hingga 35 ribu pelanggan; serta dukungan security berupa Next Generation Firewall dan DDoS Protection.

"Alhamdulillah, rehearsal test berjalan dengan lancar. Setelah ini, kami akan terus berupaya menjaga kualitas jaringan dan meningkatkan pengawalan melalui Posko TelkomGroup di Nusantara Service Operation Center (NSOC) HUT ke-79 RI mulai tanggal 1 Agustus sampai 17 Agustus 2024," jelas Herlan.

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Pertama di IKN

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor selama 40 hari di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kaliman

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024