Apa Saja Tanda-tanda WhatsApp Dibajak, Jangan Cuek!

WhatsApp.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Pernahkah Anda merasa akun WhatsApp (WA) seperti digunakan oleh orang lain? Banyak orang baru sadar bahwa akun WA mereka diretas ketika mereka tidak bisa mengaksesnya.

3 Fitur Baru WhatsApp Bisnis

Namun, ini bukan satu-satunya tanda bahwa akun WhatsApp Anda telah dibajak. Meretas berarti mengakses, mengendalikan, mengkompromikan, dan mencuri informasi tanpa izin.

Akun WhatsApp Anda bisa diretas tanpa kehilangan akses ke akun tersebut. Berikut ini beberapa tanda-tanda WhatsApp Anda sedang kena hack.

Transformasi Komunikasi Bisnis Lewat WhatsApp

Tanda-tanda WA Kena Hack

WhatsApp to Release Instagram-like Chat Theme Feature

WhatsApp.

Photo :
  • Unsplash

1. Perangkat Asing Terhubung ke Akun Anda

Periksa bagian “Perangkat Tertaut” di pengaturan WhatsApp Anda. Jika Anda melihat perangkat yang tidak dikenali, mungkin ada orang lain yang mengakses akun Anda.

Untuk menghapus perangkat asing, ketuk ikon Opsi Lainnya (tiga titik biasanya di pojok kanan atas obrolan), dan pilih Perangkat Tertaut.

Halaman ini akan menampilkan semua perangkat yang masuk ke akun WhatsApp Anda. Jika Anda menemukan perangkat yang tidak dikenali, ketuk perangkat tersebut dan pilih Keluar.

2. Profil Berubah

Apakah Anda tiba-tiba melihat perubahan pada foto profil, nama, atau nomor telepon Anda? Ini bisa menjadi indikasi bahwa seseorang memiliki akses ke akun WhatsApp Anda atau seseorang memiliki akses fisik ke ponsel Anda.

3. Pesan yang Tidak Dikirim oleh Anda

Jika Anda menemukan pesan di obrolan Anda yang tidak Anda ingat pernah mengirim atau Anda menerima pesan yang menunjukkan bahwa Anda memiliki percakapan sebelumnya atau sedang berlangsung dengan seseorang, akun Anda mungkin telah diretas. Jika mendapati diri Anda ditambahkan ke grup meskipun pengaturan WhatsApp Anda tidak mengizinkan orang menambahkan Anda kecuali Anda bergabung sendiri, maka sesuatu sedang terjadi.

4. Kontak Baru Ditambahkan ke Daftar Kontak Anda

Terkadang, Anda mungkin tidak melihat pesan karena seluruh percakapan telah dihapus. Namun, kontak tersebut bisa saja masih ada di WhatsApp Anda. Jadi, perhatikan akun-akun yang tidak dikenal yang belum Anda tambahkan sendiri.

5. Menerima Kode Verifikasi yang Tidak Anda Minta

Ketika Anda menerima kode verifikasi yang tidak Anda minta, biasanya itu berarti seseorang sedang mencoba mendaftarkan nomor telepon Anda dengan WhatsApp dan WhatsApp mencoba memverifikasi nomor tersebut. Banyak orang telah kehilangan akses ke akun WhatsApp mereka karena mereka memberikan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel mereka oleh WhatsApp kepada peretas yang menyamar sebagai perwakilan layanan pelanggan atau orang lain. Selalu jaga kode verifikasi Anda dengan baik dan jangan memberikannya kepada siapa pun.

6. Teman atau Kontak Melaporkan Menerima Pesan yang Tidak Anda Kirim

Jika teman-teman Anda memberi tahu bahwa mereka menerima pesan dari Anda yang tidak Anda kirim, ini adalah tanda bahwa akun Anda mungkin telah dikompromikan.

7. Kehilangan Akses ke Akun Anda

Ini adalah tahap akhir di mana peretas mencoba mengambil alih akun Anda sepenuhnya. Jika Anda tiba-tiba tidak bisa masuk ke akun WhatsApp Anda, mungkin ada orang lain yang mengendalikan akun Anda dan Anda perlu segera mendapatkan kembali akun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya