Ada Lagu Hip-Hop di Planet Venus

Planet Venus.
Sumber :
  • Vox

VIVA Tekno – Venus kini memiliki irama baru di awan-awannya berkat kolaborasi unik antara NASA dan Missy Elliott.

Kembali ke Indusri Musik, Thito Tangguh Hadirkan Mungkin Satu Kebetulan

Mereka bekerja sama untuk mengirimkan pesan inspiratif dan lirik dari salah satu lagu Missy Elliott ke Planet Venus.

Lagu yang dipilih adalah "The Rain (Supa Dupa Fly)," yang kini menjadi lagu hip-hop pertama yang dikirimkan ke luar angkasa.

Ruth Sahanaya Siap Tebar Cinta di Konser September in Love

NASA menggunakan Jaringan Antariksa Dalam (Deep Space Network) untuk transmisi ini, dan ini merupakan kali kedua jaringan ini digunakan untuk mengirimkan lagu ke luar angkasa.

Sebelumnya, pada 2008, lagu The Beatles "Across The Universe" juga dikirimkan melalui DSN.

Ini Manfaat Mendengarkan Musik Saat Berolahraga, Lebih dari Sekadar Hiburan

Planet Venus

Photo :
  • NASA

“Saya masih tidak percaya bahwa saya akan keluar dari dunia ini dengan NASA melalui Jaringan Antariksa Dalam ketika 'The Rain (Supa Dupa Fly)' menjadi lagu hip-hop pertama yang dikirim ke luar angkasa!” kata Elliott yang dikutip dari IFL Science pada Rabu, 17 Juli 2024.

“Saya memilih Venus karena melambangkan kekuatan, kecantikan, dan pemberdayaan, dan saya sangat rendah hati memiliki kesempatan untuk berbagi seni dan pesan saya dengan alam semesta!”

Planet Venus.

Photo :
  • Vox

Transmisi ini dikirim oleh Stasiun Antariksa Dalam 13 di Kompleks Komunikasi Antariksa Dalam Goldstone milik DSN.

Antena tersebut, kebetulan, dijuluki Venus. Pesan ini dikirim dengan kecepatan cahaya dan membutuhkan waktu 14 menit untuk menempuh jarak 254 juta kilometer (158 juta mil) antara Bumi dan posisi Venus saat ini.

Menurut Brittany Brown, direktur Divisi Digital dan Teknologi, Kantor Komunikasi di Markas Besar NASA di Washington DC, AS.

Kolaborasi ini sangat cocok karena baik eksplorasi luar angkasa maupun seni Missy Elliott sama-sama tentang mendorong batas.

"Missy memiliki rekam jejak dalam menginfuskan narasi berpusat pada luar angkasa dan visual futuristik dalam video musiknya, jadi kesempatan untuk berkolaborasi dalam sesuatu yang luar biasa ini benar-benar pas," kata Brown.

Venus adalah planet favorit Missy Elliott, dan inilah alasan mengapa planet ini dipilih untuk menerima transmisi tersebut.

Meskipun tidak ada kehidupan yang mampu menerima sinyal radio di Venus, jika ada, mereka pasti akan sangat beruntung bisa mendengarkan lagu dari Bumi.

Kolaborasi ini tidak hanya menunjukkan inovasi dalam seni dan teknologi, tetapi juga menginspirasi banyak orang tentang kemungkinan-kemungkinan luar biasa yang bisa tercapai melalui kolaborasi kreatif.

Lagu "The Rain (Supa Dupa Fly)" kini telah membuat sejarah sebagai lagu hip-hop pertama yang dipancarkan ke luar angkasa, membawa pesan kekuatan, kecantikan, dan pemberdayaan ke alam semesta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya