Heboh, Kuda Nil bisa Terbang

Kuda Nil.
Sumber :
  • pixabay/ArtTower

VIVA Tekno – Kuda nil, hewan besar dengan berat sekitar 1,5 ton ternyata bisa "terbang”, meskipun hanya dalam waktu singkat.

Spesiesisme, Isu Moral yang Mendasari Hubungan Manusia dengan Hewan

Penemuan ini diungkapkan oleh para ilmuwan dari Royal Veterinary College (RVC) di London yang meneliti gerakan kuda nil di darat.

Para ilmuwan RVC mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal ilmiah PeerJ. Dalam artikel berjudul “Pola Langkah dan Parameter Langkah Kuda Nil di Darat,” mereka menjelaskan bahwa kuda nil dapat melayang di udara selama 0,3 detik saat berlari dengan kecepatan penuh.

Universitas Negeri Jambi Jalin Kerjasama Penelitian dengan Kampus di Jerman

Kuda nil (Hippopotamus amphibius)/Ilustrasi.

Photo :
  • Antara/ Jafkhairi
LSPR Bareng Pemerintah Jepang Luncurkan Buku Hasil Penelitian Disabilitas di ASEAN

Menurut penelitian tersebut, kuda nil biasanya berlari dalam pola langkah yang mirip dengan trotting pada kuda, baik saat berjalan maupun berlari. Metode gerakan ini tidak umum pada hewan besar lainnya seperti gajah atau badak.

Para ilmuwan sampai pada kesimpulan ini setelah menganalisis video dari 32 kuda nil dalam berbagai situasi ekstrem, seperti melarikan diri dari predator atau menunjukkan agresi terhadap manusia dan kendaraan. Mereka menemukan bahwa kuda nil menghabiskan sekitar 15% dari waktu berlarinya tanpa menyentuh tanah.

kudanil

Photo :
  • pixabay/ArtTower

"Kami terkejut melihat bagaimana kuda nil bisa melayang di udara saat bergerak cepat – ini sangat mengesankan!” kata John Hutchinson, penulis utama studi tersebut dan profesor biomekanika evolusi di RVC yang dikutip dari RT International pada Selasa, 9 Juli 2024. 

Hutchinson juga mengatakan bahwa penemuan ini sangat menarik karena kuda nil adalah hewan yang sulit dipelajari. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu di air, lebih aktif di malam hari, dan sangat agresif serta berbahaya.

Kieran Holliday, petugas sains dan konservasi di Flamingo Land Resort di Yorkshire, yang menyediakan video kuda nil untuk penelitian ini, mengatakan bahwa studi ini dapat berdampak positif pada pemeliharaan dan desain kandang di kebun binatang.

Menurut World Wildlife Fund (WWF), kuda nil adalah makhluk darat terberat kedua di dunia setelah gajah. Meskipun beratnya besar, mereka mampu berlari dengan kecepatan hingga 30 km/jam dalam jarak pendek.

Saat ini, diperkirakan ada antara 115.000 hingga 300.000 kuda nil yang hidup di alam liar, terutama di Afrika sub-Sahara. Meskipun mereka adalah herbivora, kuda nil sangat agresif dan teritorial. Setiap tahun, kuda nil bertanggung jawab atas kematian sekitar 500 orang, terutama karena menyerang dan membalikkan perahu.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang perilaku kuda nil dan membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut. Siapa sangka, hewan besar seperti kuda nil bisa "terbang" meskipun hanya sesaat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya