Telkom Melihat Sisi Lain AI

Gedung Telkom Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Telkom

VIVA Tekno – Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin masif digunakan di Indonesia.

UNESCO dan UNICEF Siapkan Upaya Mitigasi Etika Penggunaan Teknologi Pendidkan

Pemanfaatan AI menunjukkan potensi yang luar biasa dalam berbagai sektor, kendati penerapannya masih perlu diperluas. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen dalam mengembangkan AI yang berdampak positif.

Strategi besar pengembangan AI di Telkom bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik di internal dan eksternal perusahaan, serta melakukan inovasi yang dapat mendukung bisnis maupun membuka peluang bisnis baru.

IPC 2024 Fokus Integrasikan AI ke Dalam Manajemen Produk

"Saat ini, kami telah memiliki infrastruktur pusat data AI yang dijamin keamanannya,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, melalui konferensi pers virtual, Senin, 8 Juli 2024.

Salah satu produk BigBox, yang berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital, memiliki fitur bernama BigVision yang telah dilengkapi oleh AI.

Denny JA Apresiasi Program Cerdas AI Masuk ke Sekolah: Lompatan Besar Dunia Pendidikan

BigVision mampu menganalisis dan mengidentifikasi kerumunan orang dalam area tertentu, menghitung jumlah orang yang berada di sana, dan dapat mengidentifikasi pola perilaku dalam kerumunan tersebut.

Teknologi BigVision bermanfaat bagi berbagai perusahaan untuk mengenali perilaku karyawan dan perilaku orang lain di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, dan tempat-tempat lainnya yang banyak dilalui.

Selain itu, Telkom juga mengembangkan AI dalam bentuk chatbot yang membantu berbagai sektor untuk mendapatkan solusi terbaik.

Pada ekosistem myIndibiz, terdapat chatbot bernama Bizy yang mampu membantu UKM di Indonesia mendapatkan solusi sesuai kebutuhannya pada produk dan layanan digital yang ada di Leap-Telkom Digital.

"Bizy mampu memberikan layanan yang dipersonalisasi dan interaktif sehingga solusi yang diberikan kepada pelanggan lebih tepat sasaran," jelas Komang.

Bizy dikembangkan dengan sangat interaktif sehingga mampu membantu pelanggan menemukan solusi yang sesuai dengan tantangan yang mereka hadapi serta menghasilkan data berharga yang memberikan wawasan tentang perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan.

Hal ini pun dapat digunakan untuk perbaikan produk dan strategi pemasaran. Pemanfaatan chatbot terbukti memberikan dampak positif kepada peningkatan efisiensi operasional bulanan Telkom sampai dengan 74,2 persen lewat otomatisasi oleh Bizy.

Setelah mengimplementasikan Bizy, biaya operasional pemasaran Telkom juga berkurang signifikan sehingga perusahaan bisa lebih hemat.

Fitur lain yang ada di BigBox, yakni BigAssistant merupakan solusi berbasis AI yang membantu pengguna untuk mengelola dan menyediakan informasi tertentu melalui interaksi percakapan seperti chatbot.

"Sistem ini memadukan teknologi chatbot dengan manajemen pengetahuan untuk memberikan jawaban yang kontekstual dan relevan terhadap pertanyaan pengguna sesuai kebutuhan," papar dia.

Teknisi Telkom Indonesia.

Telkom Ingin Jadi Nomor Satu, tapi Caranya Beda

Pola pikir dan adopsi budaya kolaborasi menjadi kunci keberhasilan Telkom bertransformasi.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2024